Minggu, 26 Jan 2020
radarsolo
icon featured
Wonogiri
Dampak Cuaca ekstrem

Rumah Rata Tanah, Fondasi Pagar Ambrol 

19 Januari 2019, 18: 52: 30 WIB | editor : Perdana

KUDU WASPADA: Kondisi rumah warga Gunungan, Manyaran, Wonogiri rata tanah. Foto kanan, pagar yang berbatasan dengan talut jembatan di Desa Kedungsono, Kecamatan Bulu, Sukoharjo ambrol. 

KUDU WASPADA: Kondisi rumah warga Gunungan, Manyaran, Wonogiri rata tanah. Foto kanan, pagar yang berbatasan dengan talut jembatan di Desa Kedungsono, Kecamatan Bulu, Sukoharjo ambrol.  (IWAN KAWUL-BPBD SUKOHARJO FOR RADAR SOLO.)

Share this      

WONOGIRI – Cuaca ekstrem melanda Desa Gunungan, Kecamatan Manyaran, Kabupaten Wonogiri . Akibatnya, sebuah rumah rata dengan tanah akibat tertimpa pohon. Sedangkan di Sukoharjo, fondasi pagar yang berbatasan dengan talut sungai ambrol.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Wonogiri Bambang Haryanto menjelaskan, rumah yang rusak parah tersebut adalah milik Wakino, 45, warga Dusun Tunggul  RT 03 RW 14. Pohon jati berdiamter 30 sentimeter dan tinggi 25 meter tumbang dan menimpa rumah, Kamis (17/1) sekitar pukul 16.45.  "Sebelumnya terjadi hujan lebat dan angin kencang,” ujarnya, Jumat (18/1).

Tidak ada korban jiwa dalam kejadian itu. Sebab, rumah dalam kondisi kosong. Pemiliknya tidak diketahui rimbanya. Kerugian materi sekitar Rp 25 juta. Unsur TNI, Polri, relawan dan warga bergotong royong membersihkan puing bangunan.

Sementara itu, ambrolnya fondasi pagar yang berdekatan dengan talut jembatan Dukuh Badran RT 3 RW 8, Desa Kedungsono, Kecamatan Bulu membuat warga setempat waswas jembatan ikut amblas.

Kepala BPBD Kabupaten Sukoharjo Sri Maryanto mengatakan, fondasi ambrol pada Kamis (17/1).”Saat kejadian hujan disertai angin dan tiba-tiba sudah ambrol seperti itu pagarnya,” kata dia.

Selain fondasi pagar, cuaca ekstrem juga menyebabkan pohon di timur SMK 2 Sukoharjo tumbang. ”Kami mewaspadai kerawanan angin ribut yang sudah terjadi beberapa kali,” kata Maryanto. (kwl/yan/wa)

(rs/kwl/yan/per/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia