Sabtu, 25 May 2019
radarsolo
icon featured
Ekonomi & Bisnis
Grand Opening RSGM Soelastri Surakarta

Dilengkapi Alat Pemeriksaan Gigi dan Mulut Tercanggih

21 Januari 2019, 15: 38: 43 WIB | editor : Perdana

LENGKAP: Rumah Sakit Gigi dan Mulut Soelastri yang berlokasi di Jalan Slamet Riyadi Solo.

LENGKAP: Rumah Sakit Gigi dan Mulut Soelastri yang berlokasi di Jalan Slamet Riyadi Solo. (DAMIANUS BRAM/RADAR SOLO)

SOLO – Rumah Sakit Gigi dan Mulut (RSGM) Soelastri menjadi bukti keunggulan kompetitif Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS). Tak hanya siap untuk melayani masyarakat saja. Namun juga pusat penelitian dan pengembangan ilmu kedokteran gigi, khususnya bagi civitas akademika UMS. RSGM juga dilengkapi alat pemeriksaan gigi dan mulut tercanggih.

Rektor UMS, Sofyan Anif menyebut masih jarang sekali ditemui rumah sakit gigi dan mulut di Kota Solo, bahkan Jawa Tengah. Sebab pelayanan gigi dan mulut masih include dengan rumah sakit umum.

”Peluang tersebut kami tangkap dengan membangun RSGM sebagai entitas sendiri, terpisah dari rumah sakit umum. Sekaligus menjadi laboraturium pengembangan Fakultas Kedokteran Gigi di UMS," kata Sofyan kepada Jawa Pos Radar Solo.

RSGM merupakan sebuah persyaratan konsekuensi memiliki Fakultas Kedokteran Gigi. Namun keberadaan rumah sakit ini terkadang tidak menjadi perhatian bagi para pengelola perguruan tinggi. Mayoritas cukup bekerja sama dengan rumah sakit mitra saja.

”Itu tidak menyalahi aturan. Karena memang diperbolehkan selama belum memiliki rumah sakit sendiri. Namun kami memiliki pemikiran lain. Pendirian RSGM tidak semata-mata memenuhi persyaratan saja. Namun juga sebagai tempat pengembangan disiplin ilmu kedokteran gigi yang di dalamnya terdiri dari berbagai spesialis," sambungnya.

UMS juga memiliki Fakultas Kedokteran Gigi, di samping Fakultas Kedokteran yang masih menjadi andalan. Keduanya diakui Sofyan dua fakultas yang banyak diburu calon mahasiswa baru. Sehingga keberadaan RSGM Soelastri diharapkan menjadi daya tarik tersendiri.

”Terkait penamaan RSGM Soelastri diambil dari nama salah seorang perintis UMS. Bersama Sudalmiyah, yang sekarang namanya diabadikan sebagai nama masjid kampus, keduanya wanita tangguh yang merintis UMS. Disematkan nama Soelastri sebagai bentuk apresiasi kami terhadap beliau," jelas Sofyan.

Direktur Utama RSGM Soelastri, Noor Hafida Widyastuti menambahkan, pihaknya menyediakan alat pemeriksaan gigi dan mulut tercanggih. Yakni Dental Panoramic dan Cephalometric. ”Total dokter spesialis kami ada enam orang. Yakni konservasi gigi, kedokteran gigi anak, periodonsia, bedah mulut, prostodensia, dan ortodensia. Total tenaga medis ada 30 orang," paparnya.

RSGM Soelastri siap melayani masyarakat dengan sumber daya manusia (SDM) andal dan tidak terbatas waktu. ”Kami akan melayani pasien 24 jam dengan berbagai keluhan. Sehingga pasien datang ke rumah sakit sudah one stop service,” ucapnya. (adv/aya/fer)

(rs/aya/per/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia