Senin, 09 Dec 2019
radarsolo
icon featured
Solo

Sebelum Lebaran, Kreteg Abang Rampung

24 Januari 2019, 20: 46: 55 WIB | editor : Perdana

LEBIH KUKUH: Fondasi Kreteg Abang yang telah rampung dibangun. Pembangunan tahap segera dilaksanakan.

LEBIH KUKUH: Fondasi Kreteg Abang yang telah rampung dibangun. Pembangunan tahap segera dilaksanakan. (ARYADI ARMI SYAH PUTRA/RADAR SOLO)

Share this      

SOLO – Pembangunan tahap dua Jembatan Bibis atau dikenal Kreteg Abang segera dimulai. Itu guna mengejar target penyelesaian proyek sebelum masa angkutan Lebaran 2019. 

"Saat ini kita sedang review ulang DED (detailed engineering design)-nya. Lelang tahap dua segera dilakukan. Maret, pengerjaan kontruksinya bisa di mulai," terang Kasi Jalan dan Jembatan Bidang Bina Marga DPUPR Surakarta Joko Supriyanto kemarin (23/1).

Pantauan Jawa Pos Radar Solo, konstruksi bawah jembatan telah selesai. Pilar jembatan lama yang dibangun pada masa kolonial itu tak lagi tampak dan menghambat aliran sungai.

Nantinya, bentuk jembatan yang menghabiskan anggaran senilai Rp 16,3 miliar itu berbeda dari sebelumnya. Perbedaan utama yakni tidak ada pilar penyangga di bagian tengah. Bentang jembatan juga lebih, lengkap dengan trotoar untuk pejalan kaki dan kendaraan tidak bermotor. 

Di lain sisi, Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Surakarta mendorong upaya percepatan pembangunan Kreteg Abang. Sebab, penutupan akses jembatan selama proses pembangunan berdampak pada kelancaran arus lalu lintas. Yakni di simpang Ngemplak, Jembatan Kandang Sapi, dan simpang Panggung. Itu mengingat Kreteg Bang merupakan penghubung wilayah utara dan selatan.

"Saat Lebaran, jelas intensitas lalu lintas meningkat. Apalagi di sana (kawasan Kreteg Bang, Red) merupakan jalur angkutan berat. Makanya kalau bisa selesai sebelum H-7 Lebaran," harap Kabid Lalu Lintas Dishub Kota Surakarta Ari Wibowo. (ves/wa

(rs/ves/per/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia