Minggu, 21 Apr 2019
radarsolo
icon featured
Wonogiri

Medan Berat Bangun Jalan Tembus 

Diperbukitan Menghubungkan Selogiri-Manyaran

28 Januari 2019, 14: 41: 56 WIB | editor : Perdana

TRABAS: Tim Survei jalan tembus yang menghubungkan antara Kecamatan Selogiri dan Kecamatan Manyaran. 

TRABAS: Tim Survei jalan tembus yang menghubungkan antara Kecamatan Selogiri dan Kecamatan Manyaran.  (IWAN KAWUL/RADAR SOLO)

WONOGIRI – Survei jalan tembus yang menghubungkan antara Kecamatan Selogiri dan Kecamatan Manyaran telah rampung. Dipastikan jalan yang melewati perbukitan tersebut akan dikerjakan tahun ini. Tim menemukan jalan lama tahun 1980 yang jaraknya lebih dekat dari survei sebelumnya. 

Pj Kepala Desa Kepatihan, Kecamatan Selogiri Nunik Haryuni mengatakan, pada tahun 2018 lalu telah dilakukan survei untuk membuka jalan tembus dari Dusun Tulakan, Desa Kepatihan, Kecamatan Selogiri sampai Dusun Gembuk, Desa Bero, Kecamatan Manyaran. Dari survei itu ditemukan jarak sejauh 2 kilometer melalui semak belukar. ”Ini tim dari survei terbaru tahun ini pembangunan akan sedikit bergeser dan lebih pendek jaraknya,” papar dia. 

Dia mengatakan, telah menemukan jalan lama yang sudah dibangun pada tahun 1980 lalu.  Menurut informasi, jalan tersebut dibangun melalui program padat karya kemudian tertimbun longsor. Sudah ada gorong-gorong yang masih berfungsi dan buk deker.  

Menurut Nunik, saat ini Pemerintah Desa tengah mengajukan penyusunan RAB terkait pembangunan jalan tersebut. Mereka sudah melakukan konsultasi dengan Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa. Pasalnya, akan ada perubahan RAB dengan temuan jalan lama itu. ”Kalau dengan jalan lama kan paling tidak sudah ada dasarannya, jadi ada perubahan RAB,” ujarnya.

Direncanakan lebar jalan sekitar 4 meter dengan panjang sekitar 1 kilometer lebih. Kemudian, direncanakan akan dilakukan pengerjaan bekerja sama dengan TNI melalui program TMMD. Dia berharap ada dampak ekonomis dari jalan tembus ini pada warga. Apalagi, jalan yang baru ini sangat potensial untuk dikembangan sebagai tujuan wisata.  

Terpisah, Komandan Kodim 0728/Wonogiri Letkol Inf M. Heri Amrulloh mengatakan, pembangunan jalan tembus Selogiri-Manyaran akan dilakukan pada TMMD Sengkuyung tahap 3 di akhir tahun 2019. Mulai pekan depan, akan mulai dicicil pembangunannya bersama warga dan TNI. ”Tapi dari sekarang sama warga dicicil kerja baktinya karena medannya berat. Minggu depan mulai dicicil, buat jembatan dan pelebaran jalan,” katanya. (kwl/yan)

(rs/kwl/per/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia