Sabtu, 25 May 2019
radarsolo
icon featured
Wonogiri

Jamur yang Nemu di Pinggir Jalan Bikin Satu Keluarga Keracunan 

31 Januari 2019, 17: 27: 54 WIB | editor : Perdana

Jamur yang Nemu di Pinggir Jalan Bikin Satu Keluarga Keracunan 

WONOGIRI - Santap jamur yang ditemukan di pinggir jalan, satu keluarga asal Dusun Dokeso RT 1 RW 9, Desa Kerjo Lor Kecamatan Ngadirojo, Wonogiri keracunan. Suami istri dan ketiga anaknya dilarikan ke RSUD dr Soediran Mangun Sumarso Rabu (30/1) malam

Kepala Puskesmas Ngadirojo Hermanto satu keluarga yang keracunan yakni Sriyanto, 48; Harsini, 44; Lisa Utami, 22; Risky Soleh Ariansah, 17; Muhammad Tri Hariyanto, 8 dan Sutiyem, 53. Lima orang akhirnya dirujuk ke RSUD dr Soediran Mangun Sumarso Wonogiri, sedangkan satu orang rawat jalan di PKD Kerjo Lor. 

”Peristiwa keracunan bermula pada Rabu (30/1) dari Sriyanto yang berprofesi sebagai sopir truk menemukan jamur di dekat patung jamu gendong Nguter, Sukoharjo. Jamur tersebut kemudian dipetik lalu dibawa pulang dan dimasak,” kata Hermanto, Kamis (31/1). 

Jamur tersebut dimasak tumis. Kemudian seluruh keluarga menyantapnya. ”Jadi, hanya makan nasi dan jamur yang dimasak tumis itu,” kata Hermanto. 

Kemudian, sekitar pukul 21.30 seluruh keluarga tersebut merasa mual, pusing, muntah, dan diare. Selanjutnya di bawa ke Klinik Sabrina desa setempat kemudian dirujuk ke RSUD dr Soediran Mangun Sumarso Wonogiri.

Menurut Hermanto, pihaknya sudah mengumpulkan sampel sisa jamur yang belum dimasak. Sisa-sisa jamur tersebut dibuang di sekitar lapangan, tidak jauh dari rumah korban. (kwl/ria)

(rs/kwl/per/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia