Kamis, 20 Feb 2020
radarsolo
icon featured
Klaten

Proyek Jalan Tol Jogja-Solo, Tujuh Kecamatan Ini Akan Terdampak

01 Februari 2019, 21: 48: 30 WIB | editor : Perdana

Proyek Jalan Tol Jogja-Solo, Tujuh Kecamatan Ini Akan Terdampak

KLATEN - Proyek strategis nasional jalan tol Jogja-Solo bakal dimulai tahun ini. Tahap awal yakni pengadaan lahan.

Bupati Klaten Sri Mulyani telah melakukan rapat dengan pengembang jalan tol pada Selasa (29/1). Pada perencanaan awal ada 38 desa di tujuh kecamatan yang akan terkena dampak pembangunan jalan tol sepanjang 60 kilometer itu.

“Sebenarnya ini adalah proyek strategis nasional Bapak presiden, Pak gubernur pun juga telah menyetujui. Saya selaku bupati yang ada di wilayah ikut mendukung walaupun berat. Saya harap Klaten tidak sekedar menjadi kota lintasan, tetapi bisa mengambil berkah dari proyek ini,” jelas Sri Mulyani Jumat (2/1).

Diketahui, seluruh bangunan tol berada di darat, tanpa ada yang melayang. Berdasarkan informasi yang dihimpun Jawa Pos Radar Solo, ketujuh kecamatan yang bakal dilintasi meliputi Kecamatan Prambanan, Karangnongko, Kebonarum, Ngawen, Jatinom, Tulung, dan Polanharjo. 

Sementara itu, Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setda Klaten Ronny Roekminto menambahkan, untuk tahun ini baru sebatas pengadaan tanah terlebih dahulu. Itu semua langsung dilakukan pemerintah pusat. Sedangkan untuk pembangunan infrstruktur jalan tol baru akan dimulai pada 2020. 

”Jalan tol akan terhubung dengan Kecamatan Tulung yang berlanjut memasuki wilayah Kabupaten Boyolali. Untuk wilayah kecamatan-kecamatan yang akan dilintasi jalan tol, masih ada beberapa alternatif lainnya juga,” jelasnya. (ren/ria)

(rs/ren/per/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia