Rabu, 19 Jun 2019
radarsolo
icon featured
Solo

Cari Solusi dengan Olahraga Bareng Walikota

02 Februari 2019, 18: 48: 37 WIB | editor : Perdana

MAIN TIGA SET: Wali Kota Rudy bermain badminton bersama para lurah di gedung olahraga PMS. 

MAIN TIGA SET: Wali Kota Rudy bermain badminton bersama para lurah di gedung olahraga PMS.  (ARYADI ARMI SYAH PUTRA/RADAR SOLO)

Share this      

SOLO – Wali Kota Surakarta F.X. Hadi Rudyatmo memiliki cara tersendiri untuk menjalin komunikasi dengan 54 lurah. Mereka diajak berkeringat bersama sembari mencari solusi persoalan masyarakat.

Menggunakan gedung olahraga PMS, wali kota berpasangan dengan sejumlah lurah bertanding bulu tangkis, kemarin (1/2). Dia bermain lepas tanpa beban. Bahkan sesekali orang nomor satu di pemkot itu berteriak saat melancarkan smash.

“Ini acaranya cari keringat bareng. Kalau hari Jumat, kalau tidak Mider Praja, kita badminton bareng lurah-lurah. Mereka biar rodo mudeng sitik (biar saling mengenal) sama lurah lain,” kata Rudy usai menyelesaikan tiga set permainan.

Metode olahraga ala Rudy itu ternyata berhasil. Seluruh lurah membaur bermain badminton secara bergantian. Di sela-sela permainan, mereka becanda sembari menceritakan program yang saat ini dilaksanakan. Mereka mendapatkan cara lain dalam melayani masyarakat.

“Setiap daerah itu beda-beda masalahnya. Tapi, ada juga yang sama. Solusi yang diterapkan juga beda-beda. Lewan ngobrol ringan gini, mereka jadi tahu solusi yang dibuat di daerah lain bagaimana. Sebenarnya nggak harus ngobrolin yang berat-berat, yang penting bisa berbagi saja,” beber wali kota.

Pada kegiatan tersebut, Rudy juga memberikan sosialisasi tata cara pencoblosan dalam Pemilu 17 April. Dia membawa lima contoh kertas suara dengan ukuran yang mendekati aselinya. Kepada warga yang kebetulan berkumpul, Rudy mengajarkan bagaimana cara membuka kertas suara yang benar, mencoblos hingga melipat kembali.

“Kalau nggak diajari atau minimal melihat bentuk surat suaranya pasti bingung. Ukurannya besar, gambarnya banyak, bingung,” ucapnya.

Kepala Bagian Pemerintahan Sekretaris Daerah Pemkot Surakarta Hendro Pramono menambahkan, kegiatan informal dibutuhkan untuk lebih memupuk kebersamaan antarlurah. Dengan adanya kebersamaan, dia yakin pelaksanaan program bakal dilakukan dengan baik. “Minimal badan sehat dulu. Kalau sehat, mau ngapain aja lancar,” ujar dia. (irw/wa)

(rs/irw/per/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia