Minggu, 26 May 2019
radarsolo
icon featured
Wonogiri

Waduh, Hanya RTLH Seperti Ini yang Dapat Bantuan Bedah Rumah

03 Februari 2019, 21: 55: 13 WIB | editor : Perdana

ilustrasi

ilustrasi

WONOGIRI – Seleksi terhadap rumah tidak layak huni (RTLH) yang bisa menerima bantuan bedah rumah semakin diperketat. RTLH yang status kepemilikan tanahnya tidak jelas berpotensi tidak akan mendapatkan bantuan.

Camat Selogiri Sigit Purwanto mengatakan, pihaknya sudah menerjunkan tim untuk melakukan pendataan secara detail. ”Tim sudah kita terjunkan, hari ini (kemarin) akan kita rekap rumah siapa saja yang akan mendapatkan bantuan," kata Sigit Minggu (3/2).

Menurut Sigit, status tanah yang tidak jelas kepemilikannya berpotensi tidak akan mendapat bantuan RTLH. "Selain luas rumah, kondisi rumah, status tanah juga kita data, apakah magersari, sewa atau yang lainnya," katanya.

RTLH yang berdiri di lahan milik instansi lain, seperti di tanah milik PT KAI atau Balai Besar Wilayah Sungai kemungkinan akan batal mendapat bantuan. Meski begitu, pihaknya hanya akan mendata dahulu. Keputusan mendapat bantuan atau tidak, nanti ada pada Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Permukiman dan Pertanahan (Dispera & KPP).

Kepala Dispera & KPP Wonogiri Arso Utoro menuturkan, nilai bantuan RTLH setiap rumah berbeda. Pasalnya, sumber anggarannya juga berbeda, ada yang dari kabupaten, provinsi, dan pusat.

"Ada yang Rp 10 juta, Rp 15 juta dan ada yang Rp 17,5 juta," terang Arso. (kwl/ria)

(rs/kwl/per/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia