Senin, 27 Jan 2020
radarsolo
icon featured
Solo

TSTJ Kedatangan Kebo Bule Bunting

06 Februari 2019, 12: 27: 31 WIB | editor : Perdana

TSTJ Kedatangan Kebo Bule Bunting

SOLO - Taman Satwa Taru Jurug (TSTJ) menambah koleksi sepasang Kebo Bule. Hewan berperawakan albino itu dianggap eksotis dan mampu menjadi daya tarik pengunjung.

Direktur Utama TSTJ Bimo Wahyu Widodo Dasir Santoso mengatakan, Kebo Bule didatangkan dari Prambanan, Klaten, pekan ini. Saat ini keduanya menempati bekas kandang unta di zona konservasi. Mereka langsung dapat beradaptasi dengan lingkungan.

“Kebo bule ini bukan satwa yang dilindungi, namun eksotis. Cukup terkenal di Solo dan diharapkan menjadi daya tarik. Kita sebagai lembaga edukasi juga dapat memberikan pelajaran tentang kerbau tersebut,” katanya Selasa (5/2).

Kebo Bule betina, lanjut Bimo, diketahui bunting kurang lebih satu bulan. Dia berharap tahun depan TSTJ kembali memiliki tambahan kerbau yang baru lahir. TSTJ sendiri tidak melakukan ritual khusus untuk mendatangkan Kebo Bule. Taman konservasi terbesar di Jawa Tengah itupun tidak menyediakan petugas dengan spesialisasi Kebo Bule.

“Kebo Bule ini bukan dari keraton. Juga tidak memiliki silsilah dari Kyai Slamet. Jadi petugasnya ya biasa. Prinsipnya hewan yang ada disini sejahtera dan mampu berkembang biak,” jelas dia. (irw/ria)

(rs/irw/per/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia