Sabtu, 25 May 2019
radarsolo
icon featured
Sukoharjo

Pelaku Penimbun BBM di Sukoharjo Bermain Sendiri

07 Februari 2019, 19: 42: 45 WIB | editor : Perdana

Pelaku Penimbun BBM di Sukoharjo Bermain Sendiri

SUKOHARJO  - Akhirnya Polres Sukoharjo mengungkap kasus penimbunan bahan bakar minyak (BBM) jenis solar di kawasan Dukuh Kragilan RT 01 RW 06, Desa Kedungwinong, Kecamatan Nguter, Sukoharjo. Hanya ada satu tersangka dalam kasus ini yakni Agus Tenang, 37, warga Kampung Bororejo RT 05/03, Kelurahan Jagalan, Kecamatan Jebres, Solo.

Kapolres Sukoharjo AKBP Iwan Saktiadi mengatakan, pihaknya sudah melakukan pemeriksaan dan menetapkan satu tersangka. Polres juga menyita 12 ribu liter solar yang ditimbun. Selain itu, berbagai modus yang dilakukan Agus Tenang juga sudah didalami.

Agus mengaku mendapatkan pasokan solar dengan cara menyuruh sejumlah orang untuk membeli BBM jenis solar ke SPBU dengan menggunakan truk yang sudah dimodifikasi. ”Hasil pembelian dari SPBU lantas dikumpulkan dan selanjutnya ditawarkan ke industri. Tersangka belum sempat menjualnya ke industri karena keburu digerebek petugas,” papar kapolres.

Akibat perbuatannya dia dijerat dengan UU Nomor 22 Tahun 2001 tentang Minyak dan Gas dengan ancaman hukuman enam tahun dan denda paling tinggi Rp 60 miliar.  

Sementara itu, Agus Tenang mengaku, ia tidak melibatkan orang lain lagi dalam bisnisnya. Dia menyewa truk dan memodifikasinya di bengkel yang. ”Truk box saya modifikasi agar bisa digunakan untuk menampung BBM. Terkumpul 12.00 liter dengan membeli di SPBU per 50 liter,” paparnya. (yan/ria)

(rs/yan/per/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia