Senin, 23 Sep 2019
radarsolo
icon featured
Klaten

Tiga Jalur Disiapkan untuk Evakuasi Warga Merapi

09 Februari 2019, 13: 30: 59 WIB | editor : Perdana

Tiga Jalur Disiapkan untuk Evakuasi Warga Merapi

KLATEN - Kondisi Gunung Merapi yang memperlihatkan peningkatan aktivitas membuat Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Klaten menyiapkan skenario jalur evakuasi. Targetnya, bulan ini disepakti jalur evakuasi yang akan dilintasi warga dari kawasan rawan bencana (KRB) III. Yakni Desa Balerante, Sidorejo, dan Tegalmulyo.

“Dari tiga jalur ini untuk warga Desa Balerante dan Sidorejo akan menggunakan jalan kabupaten yang kondisi sudah cukup bagus. Sedangkan untuk warga Desa Tegalmulyo menggunakan jalur evakuasi alternatif karena jalur utamanya rusak cukup parah, terutama di Desa Tlogowatu,” jelas Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Klaten Sri Yuwana Haris Yulianta Jumat (8/2).

Lebih lanjut Haris mengungkapkan, dalam waktu dekat dua jalur evakuasi dan jalur evakuasi alternatif segera dilegalkan. Setelah itu, akan dikoordinasikan dengan para relawan, TNI dan Polri dalam melakukan pengamanan di sepanjang jalur evakuasi jika terjadi erupsi.

Terkait mekanisme proses evakuasi mandiri, BPPTKG akan memberikan informasi awal terkait peningkatan status Merapi ke BPBD Klaten. BPBD memiliki waktu sekitar 30 menit hingga 1 jam dalam mengoordinasikan ke seluruh kluster. (ria/ren)

(rs/ren/per/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia