Senin, 18 Feb 2019
radarsolo
icon featured
Solo
E-Tilang Sudah Mulai Berlaku

Terapkan E-Tilang, Satlantas Pantau 66 Titik CCTV

09 Februari 2019, 16: 42: 38 WIB | editor : Perdana

Kanit Regident Satlantas Polresta Surakarta, AKP Suryo Wibowo

Kanit Regident Satlantas Polresta Surakarta, AKP Suryo Wibowo

SOLO - Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polresta Solo akan memberlakukan tilang elektronil (e-tilang) pada Rabu (13/2) mendatang. 66 titik kamera CCTV di Kota Solo dipantau melalui TMC (Trafic Management Center) di satlantas polresta surakarta. Pemberlakuan e-tilang ini untuk lebih mentertibkan masyarakat dalam mematuhi aturan berlalu lintas.

"E-tilang akan diberlalukan mulai Rabu (13/2) mendatang," terang Kanitregident Satlantas Polresta Solo, AKP Suryo Wibowo mewakili Kasat Lantas Polresta Surakarta Kompol Imam Safii kepada wartawan, Sabtu (9/2) siang. 

Satlantas polresta Surakarta akan mengirimkan bukti pelanggaran dan surat tilang melalui kantor pos.

"Setelah itu, rekaman hasil pelanggaran yang dilakukan pengendara motor akan di capture dengan melihat nopol (nomor Polisi). Setelah itu, dikirim ke alamat pemilik kendaraan," jelas Suryo. 

Setelah mendapat kiriman surat pelanggaran, penerima atau pelanggar aturan lalu lintas wajib melakuka. Konfirmasi terhitung empat hari setelah menerima surat itu. 

"Konfirmasi ini dilakukan untuk mengetahui, apakah benar atau tidak pemilik kendaraan melakukan pelanggaran aturan lalu lintas. Jika bukan, maka harus memberikan klarifikasi. Jika tidak dilakukan, maka nopol itu akan diblokir sementara," ungkap Suryo. 

Setelah melakukan klarifikasi, nantinya petugas dari Satlantas akan mengarahkan pelanggar ke bagian tilang. Di bagian tersebut, nantinya akan diarahkan supaya pelanggar lalu lintas membayar surat denda. 

"Intinya, penerapan e-tilang ini agar masyarakat tertib dalam mematuhi aturan lalu lintas. Sehingga, berimbas pada penurunan angka kecelakaan," katanya. (isw)

(rs/isw/per/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia