Sabtu, 25 May 2019
radarsolo
icon featured
Solo
Progres Masjid Sriwerdari

Tunggu Kayu Ulin dari Kalimantan

10 Februari 2019, 12: 30: 59 WIB | editor : Perdana

LANCAR: Progres pembangunan MTSS sudah mencapai sekitar 25 persen.

LANCAR: Progres pembangunan MTSS sudah mencapai sekitar 25 persen. (DAMIANUS BRAM/RADAR SOLO)

SOLO – Pembangunan Masjid Taman Sriwedari Surakarta (MTSS) sudah mulai berbentuk. Konstruksi dasar sudah berhasil diselesaikan.

Wakil Sekretaris Panitia Pembangunan MTSS M.Farid Sunarto menyampaikan, hingga 26 Januari, proses pembangunan mencapai 25 persen. Konstruksi basement telah selesai digarap. Farid menyebut ada beberapa calon ruangan penunjang di basement. Ruangan tersebut dapat digunakan sebagai lokasi seminar, rapat maupun kajian.

“Ruangan serbaguna itu juga bisa dipakai untuk ijab kabul saat nikah,” katanya, Sabtu (9/2). Di setiap sudut bangunan juga sudah tampak calon menara penunjang setinggi 30 meter. Sedangkan menara utama dibuat setinggi 114 meter.  “Di samping masjid sudah terlihat bakal bangunan guest house. Semua sudah mencapai 25 persen. Mudah-mudahan segera selesai dan dapat digunakan,” terang dia.

Wakil Wali Kota Surakarta Achmad Purnomo yang juga ketua panitia pembangunan MTSS menerangkan, saat ini panitia menunggu kedatangan kayu ulin dari Kalimantan yang akan dijadikan sirap utama masjid. Direncanakan kayu ulin tersebut akan tiba pertengahan bulan ini.

“Bentuk masjid ini nanti akan beda dengan lainnya. Kalau biasanya bentuknya persegi pakai kubah, Masjid Sriwedari ini berbentuk joglo. Hampir sama dengan Masjid Demak,” katanya.

Masjid yang dibangun di atasl lahan seluas 17 ribu meter persegi itu akan dilengkapi taman dan kolam. MTSS juga mengusung konsep go green sebagai bentuk keseimbangan dengan penataan Sriwedari yang dahulu dikenal sebagai Kebon Rojo.

Terkait pendanaan, Purnomo enggan menyebut secara detail jumlah sumbangan yang diperoleh. Dia hanya menyampaikan jika hingga kini donatur dari perusahaan besar terus mengalir. “Kalau jumlahnya saya nggak hafal,” pungkasnya. (irw/wa)

(rs/irw/per/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia