Senin, 18 Feb 2019
radarsolo
icon featured
Features

Jujur dalam Segala Hal

10 Februari 2019, 13: 00: 59 WIB | editor : Perdana

Angela Stevanie

Angela Stevanie (EDY WIDODO/RADAR SOLO)

BANYAK yang sepakat bahwa proses lebih penting daripada hasil. Mengingat dalam sebuah proses bisa didapatkan banyak pelajaran dan pengalaman berharga penunjang karir masa depan. Prinsip itu pula yang dipegang Angela Stevanie dalam meniti karir di hospitality industry.

“Proses yang saya jalani tak serta merta berjalan instan. Tapi, harus melalui sebuah perjalanan panjang, yang mampu mendewasakan karir. Itu pula yang pada akhirnya membawa passion saya pada dunia public relations. Apalagi dituntut harus bertemu dengan berbagai karakter banyak orang,” papar Assistant Public Relations salah satu hotel berbintang di kawasan Adi Sucipto.

Meski sempat berpindah-pindah dari beberapa institusi, akhirnya dia mantap memutuskan berkarir di bidang hotelier. Awal karirnya dirintis mulai dari sales promotion girls, waiters, kasir, customer service hingga di back office. Sehingga Angela memperoleh banyak pelajaran berharga untuk mendewasakan karirnya.

“Salah satunya adalah sikap saling menghargai semua orang yang berada di sekeliling kita. Baik atasan, rekan kerja, klien, komunitas, masyarakat umum hingga media massa. Ketika kita sudah menghargai orang lain, otomatis mereka akan memperlakukan hal yang sama,” urainya.

 Yang tak kalah penting, lanjutnya, terus belajar memahami karakter banyak orang. Dengan begitu, Angela dituntut lebih sabar dan mampu menahan emosi.

Menurut perempuan kelahiran Maret 1993 ini, bidang hotelier yang menuntut kerja keras dan durasi kerja hingga 24 jam, tak menyurutkan semangatnya. Dirinya mengaku tipikal orang yang sangat tough atau kuat, karena pernah punya pengalaman karir yang cukup berat. Hingga karakternya makin terbentuk menjadi warmest and respected terhadap orang lain. 

“Bersyukur pencapaian saya saat ini sudah sesuai dengan ekspektasi. Saya juga cukup mudah menyesuaikan dengan lingkungan kerja. Karena itu, saya harus mampu membawa mood booster yang menyenangkan bagi lingkungan sekitar,” terang penyuka olahraga lari, seni dan traveling itu.

Perempuan yang sebelumnya lama berkarir di Jogjakarta tersebut mengaku tak terlalu sulit untuk beradaptasi dengan lingkungan baru di Kota Solo. Namun, justru lingkungan baru itulah yang membuat dirinya tertantang berinovasi dan mengembangkan karir.

“Kunci utama meniti karir yaitu harus selalu jujur dalam segala dan bisa melakukan inovasi. Inovasi di sini berarti harus bisa memunculkan ide-ide baru. Yaitu bisa mengombinasikan antara ide lama dengan sesuatu yang baru. Termasuk mengombinasikan hal-hal yang lagi hits, dibikin sesuatu yang bisa diterima masyarakat luas,” ungkapnya. (edy/wa)     

(rs/gis/per/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia