Rabu, 24 Apr 2019
radarsolo
icon featured
Sukoharjo

Konvoi Caleg di Polokarto Dibubarkan Bawaslu

11 Februari 2019, 15: 34: 38 WIB | editor : Perdana

Konvoi Caleg di Polokarto Dibubarkan Bawaslu

SUKOHARJO - Ketua Bawaslu Sukoharjo Bambang Muryanto secara spontan membubarkan konvoi massa caleg PAN di Polokarto Minggu (10/2) pagi. Sebab, kegiatan tersebut belum mendapat izin dari kepolisian.

Bambang mengatakan, pihaknya melihat secara langsung kejadian tersebut saat melintas di jalan setempat. Rombongan berada di depannya dan saling menggeber motor. Melihat hal itu, ia langsung mengejar rombongan paling depan, kemudian menghentikannya. 

"Ada rombongan itu saya hentikan dan minta langsung bubar," papar dia. 

Menurut dia, rombongan tersebut tidak memiliki surat izin dari kepolisian. Berdasarkan PKPU No. 23 Tahun 2018 pasal 45 ayat 2, hal tersebut dilarang. Berdasarkan saturan itu, peserta kampanye rapat umum yang menggunakan kendaraan bermotor secara rombongan atau konvoi dalam keberangkatan dan kepulangan dilarang melakukan pawai kendaraan bermotor tanpa pemberitahuan kepada kepolisian. Selain itu, mereka juga dilarang melanggar peraturan lalu lintas. 

Sementara itu, Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) PAN Sukoharjo Sunoto mengatakan, pihaknya belum mengetahui terkait konvoi tersebut. Dia malah mengatakan bahwa pada massa simpatisan tersebut tidak ada lambang PAN.

"Tidak ada agenda dan saya tidak ada laporan. Tadi liat di medsos (video kegiatan konvoi, Red), cuma tidak ada lambang PAN, bukan PAN itu. Kalau ada, pasti saya diberi tahu," katanya. (yan/ria)

(rs/yan/per/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia