Minggu, 26 Jan 2020
radarsolo
icon featured
Pendidikan

Persiapan Jelang UNBK SMP Muhammadiyah 1 Simpon Solo

11 Februari 2019, 17: 57: 38 WIB | editor : Perdana

FOKUS: Siswa SMP Muhammadiyah 1 Simpon Solo  melaksakan tryout persiapan UNBK.

FOKUS: Siswa SMP Muhammadiyah 1 Simpon Solo  melaksakan tryout persiapan UNBK. (SEPTINA FADYA PUTRI/RADAR SOLO)

Share this      

SOLO – Selama ini, tryout menjelang  Ujian Nasional (Unas) masih menggunakan sistem Ujian Tulis Pensil dan Kertas (UTPK). Padahal Unas yang tahun ini diselenggarakan sudah sepenuhnya menerapkan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK).

Untuk itu, SMP Muhammadiyah 1 Simpon Solo menggelar tryout UNBK bagi siswa SD/MI se-Eks Karesidenan Surakarta, kemarin (10/2) di sekolah setempat. Kegiatan ini diklaim sebagai tryout yang kali pertama menggunakan komputer sebagai sarana untuk mengerjakan soal-soal latihan dalam menghadapi UNBK jenjang SD.

”Tujuan diadakan tryout ini adalah untuk membantu siswa sekolah dasar dalam persiapan menghadapi ujian nasional. Harapannya siswa lebih nyaman dalam pengerjaan. Dan tentunya mengenalkan lebih maju dengan perangkat komputer sebagai sarana UNBK,” beber Humas SMP Muhammadiyah 1 Simpon Solo, Hermawan kepada Jawa Pos Radar Solo di sela-sela kegiatan berlangsung, kemarin.

Tryout yang diikuti oleh sekitar seribu peserta ini, dikerjakan selama satu setengah jam. Dengan beberapa soal yang mengacu pada standar Unas dan menggunakan aplikasi Quipper. Hermawan mengaku aplikasi ini sudah lama diterapkan di sekolahnya dalam setiap pembelajaran.

”Karena yang mendaftar membeludak, tryout diadakan beberapa hari. Yakni pada 9-10 Februari dan 16-17 Februari. Dengan masing-masing sesi terdiri dari 75 siswa,” jelasnya.

Salah seorang peserta asal SD Muhammadiyah 1 Ketelan, Maulana Arkan mengatakan dirinya mendapatkan pengalaman yang berbeda setelah mengikuti tryout menggunakan komputer ini. Menurutnya, di sekolah lain masih mengadakan tryout dengan menggunakan kertas.

”Kalau pakai komputer, saya lebih senang. Jadi lebih menarik dan tertantang dalam mengerjakannya. Rasanya seperti mengerjakan ujian yang sebenarnya,” tandasnya. (aya/nik)

(rs/aya/per/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia