Jumat, 19 Apr 2019
radarsolo
icon featured
Solo

Razia Rutan Nihil Sabu, tapi Ada Gunting di Sel

11 Februari 2019, 20: 28: 55 WIB | editor : Perdana

DIJAGA KETAT: Tes urine dilakukan kepada tahanan di blok narkoba Rutan Klas IA Surakarta Minggu dini hari. 

DIJAGA KETAT: Tes urine dilakukan kepada tahanan di blok narkoba Rutan Klas IA Surakarta Minggu dini hari.  (A.CHRISTIAN/RADAR SOLO)

SOLO – Guna memastikan Rumah Tahanan (Rutan) Klas IA Surakarta bebas narkoba dan benda terlarang lainnya, para sipir menggencarkan razia. Seperti pada Minggu dini hari (10/2).

Meskipun tidak menemukan narkoba, petugas mendapati sejumlah benda terlarang yang disembunyikan di dalam sel.

Kepala Pengamanan Rutan (KPR) Andi Rahmanto menerangkan, kegiatan tersebut untuk memberantas segala bentuk penyalahgunaan hingga antisipasi peredaran narkoba dari maupun di tahanan.

“Sesuai surat edaran dari Dirjen Pemasyarakatan, maka kami melakukan tindakan khususnya bagi warga binaan di blok khusus narkotika,” tuturnya kemarin.

Razia yang digelar mulai pukul 24.00 tersebut melibatkan sekitar 35 personel. Selain penggeledahan sel narkoba, para tahanan di blok tersebut juga dites urine. 

“Hasilnya (tes urine, Red), negatif. Namun, ada beberapa barang yang tidak selayaknya berada dalam rutan,” jelasnya mewakili Kepala Rutan Klas IA Surakarta Muhammad Ulin Nuha.

Barang tidak selayaknya tersebut antara lain pisau cukur, gunting, garpu, dan sebagainya. Benda-benda itu langsung diamankan untuk mengantisipasi hal tidak diinginkan. 

“Kegiatan ini untuk menekan peredaran narkotika dalam sel. Hasilnya tidak ditemukan barang haram tersebut, termasuk handphone dan alat komunikasi yang lain,” ungkapnya.

Dari hasil razia tersebut, Andi menyimpulkan bahwa Rutan Solo bebas dari narkotika atau masuk dalam kategori hijau. Tapi, bukan berarti pengawasan kendur. Razia tetap digelar setiap saat. (atn/wa)

(rs/atn/per/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia