Senin, 18 Feb 2019
radarsolo
icon featured
Sukoharjo

Terlalu Murah, Tiket Batu Seribu Dievaluasi

12 Februari 2019, 22: 06: 10 WIB | editor : Perdana

LEBIH RAPI: Kondisi objek wisata Batu Seribu, Kecamatan Bulu.

LEBIH RAPI: Kondisi objek wisata Batu Seribu, Kecamatan Bulu. (RYANTONO P.S./RADAR SOLO)

SUKOHARJO – Harga tiket masuk objek wisata Batu Seribu, Kecamatan Bulu segera dievaluasi. Alasannya, sudah tidak relevan dengan zaman sekarang.

Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dispendikbud) Sukoharjo akan mengajukan perubahan Peraturan Daerah (Perda) Nomor 13/ 2011 terkait retribusi Batu Seribu.

Kepala Bidang (Kabid) Kebudayaan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Sukoharjo Siti Laela mengatakan, harga tiket masuk Batu Seribu masih menggunakan harga yang diatur perda lama, yakni Rp 2.000 per orang. ”Memang masih sangat murah jika dibandingkan objek wisata lain di Eks Karesidenan Surakarta. Perlu kita lakukan evaluasi,” ungkapnya.

Ditambahkan Laela, perawatan objek wisata tersebut membutuhkan biaya besar. Apalagi setelah dilakukan renovasi. Bila tidak dirawat dengan baik dikhawatirkan akan rusak seperti sebelumnya. 

Sejumlah fasilitas baru di Batu Seribu antara lain, panggung, gazebo, food court, dan kolam renang yang telah direnovasi.

Masyarakat dan pengunjung diimbau ikut merawat Batu Seribu. Di antaranya tidak melakukan coret-coret atau aktivitas lain yang dapat menimbulkan kerusakan sarana prasarana.

Sebab, beberapa waktu yang lalu ditemukan kerusakan pada taring naga di pintu masuk Batu Seribu akibat tangan jahil pengunjung. ”Pengerjaan proyek (revitalisasi, Red) di Batu Seribu tidak mudah, medannya berat,” terang Laela. (yan/wa)

(rs/yan/per/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia