Kamis, 23 Jan 2020
radarsolo
icon featured
Klaten

Antisipasi Gejolak Pilkades, Kerahkan 1.200 Linmas

14 Februari 2019, 14: 37: 56 WIB | editor : Perdana

RAWAN FRIKSI: Simulasi pengamanan Pilkades Serentak 2019 dengan melibatkan linmas dan pihak kepolisian di Alun-Alun Klaten, Rabu (13/2).

RAWAN FRIKSI: Simulasi pengamanan Pilkades Serentak 2019 dengan melibatkan linmas dan pihak kepolisian di Alun-Alun Klaten, Rabu (13/2).

Share this      

KLATEN – Penyelenggaran Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Serentak 2019 di 270 desa tinggal sebulan lagi. Mengantisipasi gejolak antarpendukung, digelar simulasi di Alun-Alun Klaten, Rabu pagi (13/2). Serta melibatkan sekitar 1.200 linmas.

Simulasi digelar secara lengkap. Mulai dari pemungutan dan perhitungan suara, hingga tahapan pengamanan di tempat pemungutan surara (TPS). Hadir dalam simulasi, Bupati Klaten, Sri Mulyani, Kapolres Klaten, AKBP Aries Andhi, dan Dandim 0723/Klaten, Letkol Inf Eko Setyawan.

”Simulasi ini untuk persiapan pesta demokrasi yang berlangsung 13 Maret mendatang. Sebenarnya kondisi saat ini aman, tetapi perlu antisipasi dan mewaspadainya. Karena segala kemungkinan bisa saja terjadi,” kata Sri Mulyani kepada Jawa Pos Radar Solo usai memimpin apel pengamanan pilkades di Alun-Alun Klaten.

Mengamankan penyelenggaraan Pilkades Serentak 2019, akan diterjunkan 1.200 personel linmas. Diperkuat jajaran Polres Klaten dan Kodim 0723/Klaten. ”Seluruh masyarakat yang mempunyai hak pilih ya harus memberikan suaranya. Termasuk harus mampu menjaga kondusifitas di wilayahnya masing-masing sehingga bisa berjalan dengan aman dan tertib,” imbau Sri Mulyani.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (Dispermasdes) Klaten, Jaka Purwanto menambahkan, saat ini tahapannya sampai pada pengumuman hasil skoring bagi desa yang memiliki calon lebih dari lima orang. Dari 270 desa, 21 di antaranya lebih dari lima orang.

”Ada dua desa yang hingga saat ini masih melakukan perpanjangan waktu pendaftaran bakal calon kepala desa. Soalnya masih ada satu bakal calon kepala desa yang mendaftar. Batas akhir pendaftaran perpanjangan ini 15 Februari mendatang,” jelasnya.

Kapolres Klaten, AKBP Aries Andhi mengingatkan seluruh lapisan masyarakat harus bersatu dalam mengamankan agenda Pilkades Serentak. Melalui satu kesatuan serta kebersamaan. ”Kami rasa yang terpenting adalah sinergitas dan kebersamaan seluruh elemen serta stakeholder. Harapannya mereka bisa saling menjaga kamtibmas satu sama lainnya. Kita juga akan mengupayakan pengamanan secara maksimal agar dapat berjalan dengan aman, damai kondusif di wilayah Klaten,” tandasnya. (ren/fer)

(rs/ren/per/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia