Minggu, 26 Jan 2020
radarsolo
icon featured
Badala

Rakit 8.715 Kotak Suara Butuh Waktu Sepekan

16 Februari 2019, 16: 59: 56 WIB | editor : Perdana

PASTIKAN BEBAS RAYAP: Belasan tenaga terampil dikerahkan merakit kotak suara Pemilu 2019 berbahan duplex di gudang KPU Kota Surakarta. 

PASTIKAN BEBAS RAYAP: Belasan tenaga terampil dikerahkan merakit kotak suara Pemilu 2019 berbahan duplex di gudang KPU Kota Surakarta.  (DAMIANUS BRAM/RADAR SOLO)

Share this      

SOLO – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Surakarta memulai perakitan sebanyak 8.715 kotak suara di kantor KPU setempat kemarin (15/2). Mereka mendapatkan waktu selama sepekan untuk merampungkannya.

"Sesuai arahan dari KPU RI, perakitan kotak suara dimulai hari ini (kemarin, Red) hingga Jumat (22/2,Red). Satu kali perakitan butuh waktu tak lebih lima menit. Kami optimistis bisa rampung kurang dari sepekan," jelas Ketua KPU Surakarta Nurul Sutarti. 

Kegiatan tersebut melibatkan 18 orang tenaga terlatih. Selain merakit, mereka juga diminta mengecek kondisi kotak suara berbahan duplex . Jika ditemukan kerusakan, segera dilaporkan ke KPU RI untuk diganti.

Nurul memastikan gudang penyimpanan logistik Pemilu 2019 aman dan bebas rayap. Sebab, upaya fumigasi dan pemberian obat antirayap pada alas kayu untuk menata kotak suara. 

"Kotak suara yang sudah dirakit juga dibungkus plastik untuk menghindari cipratan air yang bisa terjadi sewaktu-waktu saat hujan deras. Pengamanannya lainnya, kami bekerja sama dengan Polresta Surakarta," katanya.

Pantauan Jawa Pos Radar Solo, kotak suara yang telah dirakit kembali dicek beberapa kali guna memastikan tidak ada kecacatan. Setelah dipastikan aman, kotak suara dibungkus plastik bening dan kemudian disusun bertingkat. Masing-masing tingkat terdiri lima kota suara. Itu untuk memudahkan pendistribusian ke 1.732 tempat pemungutan suara (TPS). 

"Saat penyimpanan, KPU RI mengarahkan untuk menyusun tujuh kotak suara. Namun, kami memilih menyusun lima tingkat menyesuaikan dengan surat suara yang akan dicoblos pada Pemilu 17 April," beber Nurul.

Kasubag Keuangan Umum dan Logistik, KPU Kota Surakarta Indri Hapsari menambahkan, nantinya, masing-masing TPS mendapatkan lima kotak suara untuk pemilihan DPD, DPR RI, DPRD provinsi, DPRD kabupaten/kota, dan pemilihan presiden. Ditambah, 11 kotak suara akan didistribusikan ke lima kecamatan untuk rekapitulasi suara di tingkat kecamatan. (ves/wa)

(rs/ves/per/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia