Jumat, 19 Jul 2019
radarsolo
icon featured
Sragen

Psikolog Penting untuk Pemulihan Napi 

16 Februari 2019, 17: 12: 04 WIB | editor : Perdana

Psikolog Penting untuk Pemulihan Napi 

SRAGEN – Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) kelas IIA Sragen masih butuh ahli dalam bidang psiklogi. Pasalnya upaya mengembalikan mereka pada masyarakat bukan merupakan hal yang mudah. Butuh bantuan psikolong untuk memulihkan mental warga binaan kembali kemasyarakat.

Kepala Lapas Kelas IIA Sragen Yosef B. Yembise mengaku selama ini di Lapas kelas IIA Sragen membutuhkan seorang psikolog. Keberadaan psikolog juga bisa untuk membantu rehabilitasi para warga binaan. Terutama para  narapidana narkoba yang jumlahnya bisa dikatakan 50 persen dari jumlah warga binaan. ”Program rehabilitasi ini sebenarnya dari pusat, tapi kami perlu fasilitas, terutama menggandeng stakeholder,” jelasnya.

Dia menyampaikan napi dengan kasus ketergantungan narkoba banyak ditempatkan di Lapas. Sedangkan Lapas memang sudah punya petugas medis, namun untuk rehabilitasi lebih dari sekedar petugas medis. ”Kita belum ada Psikolog, tapi kemarin kita bersyukur ada KKN dari UNS Psikologi yang PKL disini. Meski masih baru tapi cukup membantu,” kata Yosef.

Dia menjelaskan sebenarnya semua rutan dan lapas butuh keberadaan Psikolog, karena warga binaan juga merupakan manusia yang membutuhkan bantuan pemulihan mental.

Yosef B Yembise mengakui saat ini jumlah personel Lapas, tidak sebanding dengan jumlah warga binaan yang sudah overload. Jumlah warga binaan yang ada tidak sebanding dengan petugas penjaga. ”Lapas masih butuh tenaga-tenaga muda untuk menuju wilayah bebas korupsi dan wilayah birokrasi bersih melayani,” tuturnya.

Selain itu jumlah personel lapas saat ini tak sebanding dengan jumlah warga binaan, yang terbilang sudah overload. Yosef membeberkan, jumlah warga binaan saat ini 508 orang, sementara kapasitas hanya 407 orang. Sedangkan jumlah pegawai hanya 147 orang. ”Ini artinya setiap pegawai mengampu lima warga binaan,” terangnya. (din/nik)

(rs/din/per/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia