Rabu, 20 Nov 2019
radarsolo
icon featured
Klaten

Tol Akan Belah Klaten Jadi Dua, Begini Kira-Kira Kondisinya

18 Februari 2019, 20: 24: 41 WIB | editor : Perdana

Tol Akan Belah Klaten Jadi Dua, Begini Kira-Kira Kondisinya

KLATEN - Jalan tol Jogja-Solo yang akan dibangun bakal membelah wilayah Klaten menjadi dua sehingga beririsan dengan saluran air, irigasi, hingga jalan kabupaten maupun desa. Untuk itu, diperlukan anggaran guna mengantisipasi dampak yang ditimbulkan dari proyek strategis nasional tersebut.

”Dalam konsultasi publik rencana kerja pemerintah derah (RKPD) 2020 akhir Januari lalu, sudah saya sampaikan ke tim perumus. Kalau nantinya jalan tol dibangun, maka pemkab perlu menyiapkan anggaran untuk mengantisipasi dampaknya,” jelas Ketua DPRD Klaten Agus Riyanto Senin (18/2).

Misalnya, jika tol dibangun, maka sejumlah infrastruktur antardaerah utara dan selatan akan terganggu. Maka sejak dini perlu disiapkan anggaran untuk membangun saluran air, irigasi hingga jalan yang terkena dampak tol. Harapannya wilayah yang terbelah dengan jalan tol tetap saling terhubung dengan segala sarana dan prasarana yang menyertainya.

“Termasuk juga mengantisipasi dampak sosial dan ekonomi setelah terbangunnya jalan tol. Saya melihat jalan tol akan memberikan dampak positif bagi Kabupaten Klaten. Terutamanya dalam memperlancar arus barang eksport sehingga industri di Klaten berkembang,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala Bidang (Kabid) Infrastruktur dan Pengembangan Wilayah Bappeda Klaten Pandu Wirabangsa mengatakan, saat ini baru memasuki tahapan pencermatan lokasi yang dilakukan Badan Perencanaan Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bappeda) Klaten. Pencermatan dilakukan pada tujuh kecamatan yang direncanakan akan dilintasi tol sepanjang 28,90 kilometer. Meliputi Kecamatan Prambanan, Karangnongko, Kebonarum, Ngawen, Karanganom, Polanharjo, dan Tulung. (ren/ria)

(rs/ren/per/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia