Kamis, 12 Dec 2019
radarsolo
icon featured
Boyolali

Layanan Pengobatan Gratis Khusus Ternak Sapi

18 Februari 2019, 20: 32: 23 WIB | editor : Perdana

SEHAT: Pemeriksaan rutin ternak sapi di Pasar Hewan  Ampel, Boyolali, Minggu (17/2).

SEHAT: Pemeriksaan rutin ternak sapi di Pasar Hewan  Ampel, Boyolali, Minggu (17/2). (TRI WIDODO/RADAR SOLO)

Share this      

BOYOLALI – Tak hanya manusia, kesehatan hewan ternak juga jadi perhatian Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Boyolali. Terutama di musim penghujan ini. Salah satunya melalui pemeriksaan rutin tiap dua bulan sekali.

Selain diperiksa, ternak sapi juga diberi vitamin dan obat cacing. Sepeti diungkapkan Kepala UPT Pusat Kesehatan Hewan (Puskeswan) Kecamatan Ampel, Sutardi. Puskeswan ini membawahi Kecamatan Ampel, Selo, Cepogo, dan Gladagsari.

Dia berharap masyarakat memanfaatkan kesempatan pengobatan gratis. Sehingga sapi dalam kondisi sehat serta memberikan keuntungan bagi peternak. ”Pengobatan gratis ini menjadikan sapi-sapi sehat dan cepat gemuk,” terang Sutardi kepada Jawa Pos Radar Solo, Minggu (17/2).

Pada musim penghujan seperti ini, peternak banyak mengeluhkan sapi-sapinya mengalami kekembungan. ”Keluhan peternak warga Desa Sukabumi, Ampel, di musim penghujan ini banyak sapi yang kekembungan. Dikarenakan memberikan rumput pada pagi hari. Sedangkan pada musim kemarau, rumput akan berkurang. Diganti dengan jerami yang didatangkan dari persawahan di daerah bawah,” imbuh Sutardi.

Warga Desa Sukabumi mayoritas bekerja di sektor pertanian. Mayoritas memelihara sapi jantan. Karena dianggap lebih menguntungkan daripada beternak sapi betina. ”Kegiatan seperti ini sangat positif sekali. Harapannya sering-sering untuk dilaksanakan, khususnya di Desa Sukabumi,” imbuh Sholeh Mawardi, peternak warga Desa Sukabumi. (wid/fer)

(rs/wid/per/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia