alexametrics
Rabu, 03 Jun 2020
radarsolo
Home > Pendidikan
icon featured
Pendidikan

Bendung Plagiarisme Lewat HAKI

Terkait Hasil Karya Seni

21 Februari 2019, 14: 18: 07 WIB | editor : Perdana

BERKONSEP: Pameran dan lelang lukisan yang digelar di Pendhapi Gedhe Balai Kota, November lalu.

BERKONSEP: Pameran dan lelang lukisan yang digelar di Pendhapi Gedhe Balai Kota, November lalu.

Share this      

SOLO – Mayoritas mahasiswa seni masih belum memahami pentingnya Hak Atas Kekayaan Intelektual (HAKI) sebuah karya yang dihasilkan. Padahal, tak sedikit karya mahasiswa yang berpotensi untuk diajukan sebagai HAKI.   

“Bahkan para dosen pun sampai saat ini masih mengkaji soal HAKI. Kami baru melakukan pemahaman serta sosialisasi mengenai HAKI selama dua tahun terakhir ini. Kami kan bekerja di bidang kreatif, orang kreatif itu kadang memiliki pemikiran yang sama. Inilah pentingnya paham HAKI,” beber Kepala Program Studi (Kaprodi) Desain dan Komunikasi Visual (DKV) Fakultas Seni Rupa dan Desain (FSRD) Institut Seni Indonesia (ISI) Surakarta, Asmoro Panindias kepada Jawa Pos Radar Solo kemarin

Asmoro menyebut mahasiswa perlu memahami HAKI agar karyanya diakui oleh negara. Maraknya kasus plagiat yang terjadi antarsesama seniman, membuat Asmoro mengimbau para mahasiswa dan dosen mulai memperhatikan perlindungan terhadap karya cipta intelektual.

”Dengan pemahaman HAKI yang terus disosialisasikan, harapannya juga dapat meningkatkan akreditasi prodi. Semakin banyak karya yang didaftarkan HAKI, maka akan semakin membantu proses akreditasi prodi ke depan,” sambungnya.

Selama ini, Asmoro mengaku belum pernah mengadakan sosialisasi tentang HAKI kepada mahasiswa. Baru kali pertama dilakukan, beberapa waktu lalu, bersamaan dengan materi seputar informasi prospek karier bidang DKV sebelum digelar wisuda.

”Sebelumnya dari lembaga juga sudah membuka peluang kepada civitas akademika untuk mendaftarkan HAKI hasil karya para mahasiswa. Baik karya penelitian atau karya seni lainnya,” imbuhnya. (mg10/mg13/aya/nik)

(rs/aya/per/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia