Kamis, 14 Nov 2019
radarsolo
icon featured
Boyolali
Lelang Jabatan Pemkab Boyolali

Momok Bernama Uji Gagasan

27 Februari 2019, 22: 47: 07 WIB | editor : Perdana

LANCAR: Peserta Uji Gagasan di BKP2D Boyolali.

LANCAR: Peserta Uji Gagasan di BKP2D Boyolali. (TRI WIDODO/RASO)

Share this      

BOYOLALI – Peserta lelang jabatan tinggi pratama (JTP) di lingkungan Perintah Kabupaten (Pemkab) Boyolali mulai rontok. Sudah ada 10 peserta seleksi promosi JTP yang gagal lolos. Mereka tak mampu melewati tes uji gagasan.

Panitia Seleksi (Pansel) lelang JTP terdiri dari lima orang. Peserta diminta presentasi program yang disusun dalam sebuah makalah. Program tersebut berisi sistematika, penguasaan teknologi informasi, problem solving, kreativitas, dan inovasi. Calon kandidat juga diminta membuat target apabila diberi amanah memegang jabatan.

Setelah itu, giliran peserta ditanya dan klarifikasi makalah yang sudah dipresentasikan. ”Hari ini (kemarin) kami memutuskan 10 orang tidak bisa melanjutkan tahap seleksi berikutnya,” kata Ketua Pansel, Anwar Hamdani kepada Jawa Pos Radar Solo, Selasa (26/2).

Peserta lelang JTP untuk Kepala Dinas Sosial, dari 11 peserta tinggal 6 saja. Begitu pula Inspektur Inspektorat. Dari 9 peserta tinggal menyisakan 6 orang. ”Dinas Kearsipan dan Perpustakaan, dari tujuh peserta, tinggal menyisakan lima orang,” ucap Anwar.

Selanjutnya, peserta yang lolos bakal mengikuti tahapan uji kompetensi. Uji kompetensi manajerial, kompetensi bidang, dan kompetensi sosio cultural ini menggandeng Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) UNS.

”Selain tes tertulis (dalam uji kompetensi) juga dilakukan diskusi. Terkait bidang tugas sebagai kepala OPD (Organisasi Perangkat Daerah),” terang Anwar.

Anwar menambahkan, seleksi ini calon pejabat eselon II ini ditargetkan selesai Maret mendatang. Setelah dilaporkan ke Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN), ditargetkan rekomendasi turun April. ” Harapan bupati, awal Mei kekosongan jabatan kepala dinas tersebut sudah terisi semua,” tandasnya. (wid/fer)

(rs/wid/per/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia