Senin, 09 Dec 2019
radarsolo
icon featured
Sukoharjo

Apes, Kena Tipu Uang Palsu dari Pengutang, Pria Ini Malah Ditangkap

28 Februari 2019, 18: 37: 36 WIB | editor : Perdana

Apes, Kena Tipu Uang Palsu dari Pengutang, Pria Ini Malah Ditangkap

SUKOHARJO – Sudah jatuh, tertimpa tangga pula. Kondisi ini yang dialami Suyadi, 45, warga Dukuh/Desa Pucangan RT 02 RW 13, Kartasura, Sukoharjo. Tak hanya kena tipu karena mendapat bayaran cicilan utang berupa uang palsu, ia kini juga terancam hukuman penjara.

Kasus berawal dari utang-piutang. Suyadi meminjamkan uangnya pada Iskandar, warga Bangsri, Jepara senilai Rp 50 juta. Setelah itu pada Mei 2018 Iskandar membayarkan utangnya senilai Rp 6 juta. ”Setelah menerima uang, Suyadi pergi ke bank melalui setor ATM,” papar Kapolres Sukoharjo AKBP Iwan Saktiadi Kamis (28/2).

Saat menyetor itu pula Suyadi baru mengetahui jika uang yang diterimanya palsu. Dia langsung menghubungi Iskandar. Iskandar berjanji akan mengembalikan uang tersebut pada 28 Februari.

Apes bagi Suyadi, belum sampai waktu yang ditentukan ia justru terkena razia Operasi Cipta Kondisi di jalan raya Pajang-Kartasura di Desa Makamhaji pada 14 Februari. Petugas yang memeriksa Suyadi mendapati uang Rp 6 juta palsu. 

”Dia diamankan lantaran sudah mengetahui uang tersebut palsu, namun tidak mau melapor dan malah menyimpan dan menguasai uang tersebut,” papar Iwan.

Tersangka dijerat dengan Pasal 36 ayat (2) UU Nomor 7 Tahun 2011 tentang Mata Uang. Ancaman hukumannya pidana penjara paling lama 10 tahun dan denda paling banyak Rp 10 miliar. (yan/ria)

(rs/yan/per/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia