Senin, 18 Nov 2019
radarsolo
icon featured
Solo

LPSK Dampingi Korban Bom Kepunton

02 Maret 2019, 20: 26: 39 WIB | editor : Perdana

LPSK Dampingi Korban Bom Kepunton

SOLO – Aksi terorisme berdampak traumaik pada korbannya. Karena itu mereka butuh pendampingan agar menjalani kehidupan dengan tenang. Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban (LPSK) menginisiasi rehabilitasi psikososial bagi para korban tindak pidana terorisme ini. Salah satu yang digandeng adalah Pemkot Surakarta.

Untuk kepentingan itu, Wakil Ketua LPSK Maneger Nasution bertemu dengan Wakil Wali Kota Surakarta Achmad Purnomo di kantor Pemerintah Kota Surakarta kemarin. Pertemuan itu membahas tindak lanjut layanan psikososial bagi korban tindak pidana terorisme di wilayah Surakarta. 

 “Pertemuan ini merupakan kelanjutan dari pertemuan sebelumnya pada November 2018,” ujar Wakil Ketua LPSK Maneger Nasution, kemarin.

LPSK terus berupaya dan menindaklanjuti pemberian bantuan terhadap korban tindak pidana terorisme yang terjadi di Gereja Betel Injil Sepenuh (GBIS) Kepunton Surakarta pada 2011. Korban yang mendapatkan layanan rehabilitasi psikososial berjumlah dua orang, dengan kebutuhan yakni jaminan kesehatan dan bantuan modal usaha. “Tak menutup kemungkinan kita merehabilitasi korban-korban terorisme lainnya,” imbuh dia.

Terpisah, Wakil Walikota Surakarta Achmad Purnomo menegaskan, pemkot siap melindungi dan menjaga warganya dari bahaya terorisme. Selain itu pemkot juga melindungi korban yang berstatus sebagai warga Solo.

“Pada prinsipnya kami sangat peduli terhadap warga dan mendukung untuk membantu mereka yang menjadi korban tindak pidana, khususnya terorisme. Pemerintah Kota Surakarta menyiapkan dukungan terhadap korban berupa jaminan kesehatan dan modal usaha,” terangnya.

Terkait kebutuhan tersebut, para korban yang membutuhkan modal dapat mempersiapkan proposal pengajuan modal usaha untuk diajukan pemkot. Nantinya mereka diberi pendampingan sesuai dengan jenis usaha yang digeluti. (irw/bun)

(rs/irw/per/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia