Minggu, 17 Nov 2019
radarsolo
icon featured
Boyolali

Topeng Ireng Buka Rangkaian International Folklore Festival 

04 Maret 2019, 12: 00: 43 WIB | editor : Perdana

DISAMBUT MERIAH: Delegasi Indonesia yang diwakili Kabupaten Boyolali meriahkan festival Folklore di Ekuador.

DISAMBUT MERIAH: Delegasi Indonesia yang diwakili Kabupaten Boyolali meriahkan festival Folklore di Ekuador.

Share this      

AMBATO - Gerakan Tari Topeng Ireng yang sangat dinamis mampu menyedot perhatian ratusan pasang mata yang memadati Queta de Mera Kota Ambato Republik Ekuador, Jumat pagi (1/3). Sembilan penari yang merupakan pelajar dan mahasiswa asal Boyolali tersebut berhasil memukau hari pertama rangkaian International Folklore Festival ke-68.

Warna musik yang rancak dan gerakan tari yang penuh hentakan benar-benar jadi sorotan tamu undangan dari berbagai kota dan negara. Durasi beberapa menit mampu dimanfaatkan para penampil Topeng Ireng dengan sangat maksimal. Tak urung, tepuk tangan terus terdengar sedari awal tampil hingga usai. 

Duta Besar Republik Indonesia untuk Republik Ekuador, Diennaryati Tjokrosuprihatono mengungkapkan, Indonesia bangga bisa ikut serta dalam event internasional ini. Di mana, dalam festival tahun ini delegasi Indonesia diwakili Kabupaten Boyolali Jawa Tengah dan Balawan Bali. 

"Kami berharap keikusertaan Indonesia dalam festival internasional bisa menambah semarak event besar bagi dunia dan khususnya warga Kota Ambato," tutur Diennaryati.

Lebih jauh dikatakan, bagi KBRI ini merupakan keikusertaan ke-2 dalam festival dunia di Ambato. Dan dalam kesempatan tahun ini, KBRI ikut berpartisipasi dalam parade event besar tersebut. 

Malam harinya, delegasi Indonesia juga mendapat sambutan meriah dari ribuan warga Kota Ambato. Diawali presentasi singkat oleh Duta Wisata Boyolali Misi Haryanti yang memaparkan potensi Indonesia. Dengan tampilan kostum yang unik, Misi pun jadi pusat ribuan penonton termasuk dari delegasi negara lain.

Delegasi seni Indonesia menampilkan tari Pacul Goweng dan Topeng Ireng dari Kabupaten Boyolali Jawa Tengah serta kolaborasi tarian serta musik dari Balawan Bali yang dibawakan pegiat seni dari Balawan Bali. Diketahui, delegasi sejumlah negara juga berpartisipasi seperti Meksiko, Peru, Kolombia, dan Republik Ceko. (mas)

(rs/it/per/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia