Kamis, 25 Apr 2019
radarsolo
icon featured
Pendidikan

Program D3 Naik Daun

09 Maret 2019, 18: 34: 19 WIB | editor : Perdana

Program D3 Naik Daun

SOLO – Antusiasme masyarakat terhadap status pendidikan Diploma 2 (D2) kian menurun. Beberapa perusahaan pun kini lebih banyak membutuhkan lulusan Diploma 3 (D3).

Merespon fenomena tersebut, Universitas Sebelas Maret (UNS) berniat mengalihkan status pendidikan Program Studi di Luar Domisili (PDD) Akademi Komunitas Negeri Madiun (Aknema) dari D2 menjadi D3. 

Jalur yang akan ditempuh dengan Program Studi Di Luar Kampus Utama (PSDKU). Wakil Rektor 1 Bidang Akademik UNS Sutarno mengaku pihaknya masih terkendala akreditasi prodi yang akan dibuka di Aknema.

“PSDKU ini syaratnya prodi yang akan dibuka di sana harus terakreditasi A di kampus utamanya. Ini masih berat bagi kami. Sehingga mungkin nanti solusinya prodi yang dibuka di sana akan kami carikan prodi yang sudah terakreditasi A di kampus utama,” bebernya.

Prodi yang saat ini dibuka di Aknema PDD UNS adalah Teknik Informatika, Pengolahan Pangan, dan Teknik Elektronika. Di kampus utama, lanjut Sutarno, ketiganya belum terakreditasi A lantaran termasuk prodi baru. Sutarno berharap penilaian institusi UNS yang sudah terakreditasi A bisa mencakup seluruh prodi yang belum terkareditasi A.

“Tapi kalau tidak bisa, ya kami alihkan ke prodi lain yang sudah terakreditasi A. Fakultas Ekonomi ada banyak prodi yang sudah akreditasi A, Desain Komunikasi dan Visual (Diskomvis), dan Sospol juga ada,” ucapnya. (aya/wa)

(rs/aya/per/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia