Kamis, 12 Dec 2019
radarsolo
icon featured
Solo

Damkar Butuh Armada Unit Tangga

Imbangi Pembangunan Kota Bengawan

10 Maret 2019, 14: 10: 59 WIB | editor : Perdana

KERJA TIM: Personel damkar Kota Surakarta lakukan teknik pemadaman api yang baik dan benar.

KERJA TIM: Personel damkar Kota Surakarta lakukan teknik pemadaman api yang baik dan benar. (DAMIANUS BRAM/RADAR SOLO)

Share this      

SOLO – Demi mengoptimalkan kinerja, Dinas Pemadam Kebarakan (Damkar) Kota Surakarta akan menambah armada operasional. Untuk jenisnya, masih dibahas dan segera diajukan ke pemkot.

Kepala Dinas Damkar Kota Surakarta Gatot Sutanto mengatakan, pihaknya membutuhkan tiga jenis unit armada. Yaitu armada tangga, mobil komando, serta mobil pendukung. “Memang yang belum ada sama sekali mobil komando dan mobil pendukung,” ujarnya kemarin (9/3).

Mobil pendukung berfungsi mendobrak apabila bangunan yang terbakar terdapat pintu besi dan tidak bisa dibuka manual. Bisa juga untuk menyedot asap, membawa peralatan penunjang keselamakatan evakuasi, dan sebagainya.

Sedangkan mobil komando berfungsi sebagai tempat komunikasi dan koordinasi di lokasi kejadian. “Jadi nanti mobil tersebut berubah menjadi basecamp kita. Di situ kita akan mengatur strategi melakukan evakuasi,” ungkap dia.

Selama ini, damkar Kota Solo memiliki 16 unit armada. Antara lain tiga armada tangki, satu armada tangga, satu armada untuk pelatihan, dua unit armada pompa produksi 1960, dan delapan armada pompa keluaran terbaru.

“Yang kita butuhkan unit tangga satu lagi. Bisa digunakan untuk mengevakuasi korban yang terjebak di bangunan tinggi seperti hotel,” katanya.

Penambahan armada damkar, imbuh Gatot, sekaligus mengimbangi pesatnya pembangunan di Kota Bengawan. “Solo itu kota perdagangan dan jasa. Kalau tidak di backup safety, dalam hal ini penanganan kebakaran yang cepat dan tepat, maka ekonominya malah terganggu,” terangnya.

Sementara itu, sesuai dengan rencana induk sistem proteksi kebakaran kota (RISPKK) untuk sepuluh tahun ke depan, Kota Bengawan membutuhkan enam pos damkar. Saat ini, baru tersedia tiga pos dan satu sub pos damkar. Penambahan pos akan dilakukan di Solo bagian barat, selatan dan barat utara. (atn/wa)

(rs/atn/per/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia