Kamis, 21 Mar 2019
radarsolo
icon featured
Travelling

Bukit Mongkrang, Jujugan Pendaki Pemula

Viral Karena Media Sosial

10 Maret 2019, 09: 05: 59 WIB | editor : Perdana

Bukit Mongkrang, Jujugan Pendaki Pemula

MUNCULNYA tempat wisata baru yang dikelola secara swadaya oleh masyarakat tidak terlepas dari peran media sosial. Lewat postingan di Instagram maupun Facebook, lokasi wisata yang awalnya tidak banyak dikenal mendadak jadi viral.

Salah satu contohnya adalah Bukit Mongkrang yang berada di wilayah Tlogodringo, Desa Gondosuli, Kecamatan Tawangmangu, Karanganyar. Hampir setiap akhir pekan, bukit yang masuk di wilayah pegunungan Lawu itu didatangi ratusan wisatawan.

Mayoritas adalah kalangan remaja milenial. Mereka sekedar ingin mencari spot foto menarik dengan latar belakang pemandangan pegunungan yang membentang dari utara hingga selatan. Lokasi favoritnya adalah puncak bukit yang berada di ketinggian 2.194 meter di atas permukaan laut (MDPL). 

Bukti itu mulai viral sejak ditumbuhi tanaman ilalang. Padahal selama ini jadi langganan kebakaran hutan saat musim kemarau panjang.

”Dulu kita sempat ke sini saat sebelum terbakar, setelah banyak tanaman ilalang jadi kelihatan bagus. Apalagi spot fotonya keren, kita bisa lihat puncak Gunung Lawu dengan jelas,” ungkap Retnowati, 18 cewek asal Mondokan, Sragen.

Mahasiswi Universitas Teknologi Jogjakarta itu rela harus mendaki menuju ke puncak bukit. Waktu tempuh dari permukiman warga menuju puncak sekitar satu jam perjalanan. Pengalaman itu jadi yang pertama baginya mendaki gunung.

”Jalannya tidak terlalu menanjak, ya standar lah buat pendak pemula tidak terlalu berat. Apalagi kan sudah ada jalannya,” imbuhnya.

Rute menuju puncak memang sudah cukup terbuka. Sebelum jadi viral, bukit itu sudah sering jadi tempat nge-camp pecinta alam. Selain itu, pendaki tidak perlu repot-repot membawa bekal banyak. Sebab sudah ada tiga warung di setiap posnya yang menyediakan makan dan minuman.

”Ibaratnya tidak perlu persiapan sudah berani jalan ke atas. Kita malah cuma bawa bekal air minum saja,” timpal Dian Fitriani, 19.

Untuk menuju ke lokasi cukup mudah. Bukit Mongkrang terlihat begitu jelas dari jalur tembus Tawangmangu-Sarangan. Bisa ditempuh dengan kendaraan pribadi baik roda dua maupun roda empat. Namun disarankan menggunakan roda dua karena harus melewati gang kampung yang cukup sempit. Setiba di wilayah Tlogodringo, wisatawan bisa langsung melihat bukit itu dengan jelas. (adi)

(rs/adi/per/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia