Jumat, 26 Apr 2019
radarsolo
icon featured
Pendidikan

Alasan Kesehatan, BJ Habibie Diwakili Putranya Terima UNS Award 

11 Maret 2019, 20: 44: 00 WIB | editor : Perdana

mantan presiden, bj habibie, UNS Award

mantan presiden, bj habibie, UNS Award

SOLO - Mantan presiden ketiga RI Bacharuddin Jusuf (BJ) Habibie semestinya menerima Universitas Sebelas Maret (UNS) Award 2019 dengan anugerah Parasamya Anugraha Widyatama Makayasa hari ini (11/3). Namun karena kondisi kesehatannya, penghargaan tersebut diterima sang putra, Ilham Akbar Habibie.

Parasamya Anugraha Widyatama Makayasa adalah penghargaan tertinggi dalam pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Penghargaan diserahkan pada Sidang Senat Terbuka Dies Natalis ke-43 UNS hari ini.

Dalam kesempatan itu, Ilham menyampaikan pidato yang ditulis oleh BJ Habibie di hadapan civitas akademika UNS. Isi pidato tersebut menekankan, seluruh generasi penerus Indonesia, khususnya civitas akademika universitas harus menyadari bahwa tiap bangsa hanya dapat mandiri menjaga kedaulatan negerinya jika dapat menghasilkan karya nyata sesuai kebutuhannya dan kebutuhan dunia. 

”Sumber daya alam Indonesia yang terbatas harus dikelola untuk masa depan bangsa yang mengandalkan keunggulan sumber daya manusia.  Oleh karena itu sistem pembudayaan, pendidikan, dan ilmu pengetahuan harus mendapat perhatian dan prioritas utama,” tutur Ilham sesuai pidato yang ditulis Habibie.

Dengan meningkatkan produktivitas, daya saing, dan efektivitas dalam berkarya dan bekerja, lanjut dia, untuk menghasilkan produk unggul nilai tambah pemikiran (brainware), perangkat lunak (software), dan perangkat keras (hardware).

Rektor UNS Ravik Karsidi mengungkapkan, BJ Habibie dipandang pantas untuk memperoleh penghargaan pada UNS Award 2019. Melihat jasa besarnya dan sebagai pelopor yang luar biasa dalam pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.

”Penganugerahan ini sebagai tanda jasa dan penghargaan tertinggi atas kepeloporan dalam pengembangan bidang teknologi. Kami doakan beliau segera sehat. Karena saat ini sedang menjalani engobatan di Jerman,” pungkas Ravik. (aya/ria)

(rs/aya/per/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia