Rabu, 13 Nov 2019
radarsolo
icon featured
Karanganyar

Bawaslu Gandeng Warganet Tangkal Hoax

11 Maret 2019, 20: 50: 09 WIB | editor : Perdana

SEPAKAT: Ribuan muslimat NU mengikuti pengajian menyongsong pemilu aman dan damai di GOR RM Said kemarin (10/3).

SEPAKAT: Ribuan muslimat NU mengikuti pengajian menyongsong pemilu aman dan damai di GOR RM Said kemarin (10/3). (RUDI HARTONO/RADAR SOLO)

Share this      

KARANGANYAR – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Karanganyar mengajak warganet mengantisipasi dan menangkal pemberitaan yang mengarah ke perpecahan.

Ketua Bawaslu Karanganyar Nuning Ritwanita Priliastuti mengatakan, kegiatan Ngobrol Bareng Bawaslu Bersama Warganet di halaman Kantor Bawaslu itu diharapkan bisa mencegah meluasnya berita-berita hoax. 

Peran warganet diperlukan untuk membantu menyukseskan pemilihan umum (Pemilu) yang damai. Warganet juga diharapkan turut mengedukasi masyarakat untuk tidak mudah menerima informasi yang bersumber dari media sosial. Seperti Facebook, WhatsApp, Instagram maupun media sosial lainnya.

”Mereka (warganet,Red) itu sering melihat info yang ada di media sosial. Maka kami berharap mereka ikut mengambil peran dalam mencegah beredarnya informasi hoax yang menyesatkan,” kata Nuning.

Nuning mengaku saat ini memang belum ada aduan terakit kampanye hitam atau ujaran kebecian. Bawaslu juga sudah berkoordinasi dengan tim cyber patrol untuk melakukan pengawasan terhadap postingan pemecah belah.

Irfan, salah satu warganet mengharapkan bawaslu lebih aktif terhadap isu yang bekembang, khususnya menjelang pemilu. Debat kusir di media sosial harus segera antisipasi agar tidak terjadi gejolak bekepanjangan.

”Kadang kita sebagai warganet juga bingung. Ketika ada debat kusir, kita kesulitan meng-counter statement dari temen-teman itu. Karena kita juga harus memiliki data yang tepat agar mereka bisa mengerti,” ucap Irfan yang juga admin salah satu grub medsos Karanganyar itu.

Sementara itu, ribuan Muslimat Nahdlatul Ulama (NU) Cabang Karanganyar mengikuti pengajian rutin dalam rangka menyongsong Pemilu 2019 yang aman dan damai di GOR RM Said Karanganyar Minggu (10/3).

”Muslimat NU sepakat menjadi pemilih bertanggung jawab dan memberikan pendidikan demokrasi selama pilpres mendatang,” kata Ketua Muslimat NU Cabang Karanganyar, Suliastuti. (rud/adi)

(rs/rud/per/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia