Kamis, 12 Dec 2019
radarsolo
icon featured
Solo

Tunanetra Peserta UTBK Tak Perlu Pendamping

12 Maret 2019, 15: 57: 29 WIB | editor : Perdana

Tunanetra Peserta UTBK Tak Perlu Pendamping

SOLO – Peserta ujian tulis berbasis komputer (UTBK) penyandang tunanetra dipastikan tidak perlu pendamping dalam menjawab naskah soal. Sebab, disediakan soal khusus menggunakan aplikasi screen reader. Mereka cukup memakai headphone dan mendengarkan soal ujian dalam bentuk suara.

Ketua lembaga tes masuk perguruan tinggi (LTMPT) Ravik Karsidi mengatakan, pihaknya akan memininalkan soal berbentuk gambar, tabel, dan grafik.

"Peserta tunanetra di seluruh Indonesia tidak lebih dari 200 orang. Sudah kami siapkan dengan baik. Sudah kami uji cobakan," beber Ravik kepada Jawa Pos Radar Solo kemarin (11/3).

Soal UTBK untuk peserta tunanetra dan peserta reguler, lanjut Ravik, tidak banyak berbeda. Perbedaan hanya terletak pada penggunaan soal bergambar. Kemudian peserta menjawab soal sendiri tanpa perlu pendamping. Pelaksanaan ujian juga tidak diberikan perpanjangan waktu.

"Karena mereka mobilitasnya terbatas, lokasi ujian peserta tunanetra akan diletakkan di lantai bawah. Untuk memudahkan mereka," sambungnya.

Ravik menambahkan uji coba UTBK telah dilakukan serentak secara nasional pada Sabtu (9/3). Uji coba sistem yang dilakukan diklaim tidak ada masalah. Sejumlah 73 lokasi UTBK di seluruh Indonesia dipastikan siap.

Sementara itu, jumlah peserta UTBK 436.412. Terdiri dari rumpun sains dan teknologi (saintek) sebanyak 243.231 peserta, sosial humaniora (soshum) 193.181 peserta, peserta reguler 349.017, peserta Bidikmisi 349.017. (aya/wa)

(rs/aya/per/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia