Minggu, 26 May 2019
radarsolo
icon featured
Pendidikan

Habibie: Riset dan Pendidikan Harus Prioritas 

13 Maret 2019, 15: 00: 59 WIB | editor : Perdana

SAMPAIKAN PESAN: Ilham Akbar Habibie beri sambutan di Kampus UNS. 

SAMPAIKAN PESAN: Ilham Akbar Habibie beri sambutan di Kampus UNS.  (SEPTINA FADIA PUTRI/RADAR SOLO)

SOLO – Seluruh generasi penerus  harus menyadari bahwa setiap bangsa hanya dapat mandiri menjaga kedaulatan negerinya jika dapat menghasilkan karya nyata sesuai kebutuhan bangsa dan dunia. 

Itu ditekankan Ilham Akbar Habibie saat membacakan pidato mantan Presiden Republik Indonesia B.J. Habibie di kampus Universitas Sebelas Maret (UNS) kemarin (12/3).

"Sumber daya alam (SDA) Indonesia yang terbatas harus dikelola untuk masa depan bangsa. Sistem pembudayaan, pendidikan, dan ilmu pengetahuan harus mendapat perhatian dan prioritas utama. Untuk meningkatkan produktivitas, daya saing, dan efektivitas dalam berkarya dan bekerja untuk menghasilkan produk unggul nilai tambah pemikiran, perangkat lunak, dan perangkat keras,” ungkapnya.

Kesempatan kerja, lanjutnya, hanya bisa terbentuk bila SDM Indonesia mempunyai kemampuan mengembangkan teknologi. Itu bisa dihasilkan melalui sistem pendidikan yang baik.

“Serta kesempatan yang diberikan untuk mengadakan riset dan pengembangan teknologi. Kesempatan pendidikan ini harus terbuka seluas-luasnya,” sambungnya.

B.J. Habibie juga menegaskan bahwa Pancasila diperlukan untuk memperkuat paham kebangsaan Indonesia yang majemuk. "Pancasila perlu diaktualisasikan dalam tataran praktik yang lebih membumi. Sehingga mudah diimplementasikan dalam berbagai bidang kehidupan,” bebernya. (aya/wa)

(rs/aya/per/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia