Kamis, 21 Mar 2019
radarsolo
icon featured
Sragen

30,9 Ton Kotak Suara Dilelang

13 Maret 2019, 16: 03: 50 WIB | editor : Perdana

DINILAI MAHAL: Kotak suara berbahan alumunium KPU Sragen akan segera dilelang dalam waktu dekat.

DINILAI MAHAL: Kotak suara berbahan alumunium KPU Sragen akan segera dilelang dalam waktu dekat.

SRAGEN – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sragen melelang kotak suara seberat 30,9 ton. Pada Pemilihan Umum (Pemilu) 17 April mendatang, kotak suara tersebut akan diganti dengan kotak suara berbahan kardus.

Hal itu sesuai dengan keputusan KPU RI beberapa waktu lalu yang tujuannya untuk efisiensi. Kotak suara akan dilelang di Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Surakarta. Berdasarkan pengumuman lelang yang dilansir KPU Sragen, total kotak suara berbahan aluminium tersebut seberat 30.920 kilogram (kg). Harga limit yang ditetapkan sebesar Rp 448.340.000.

Ketua KPU Sragen Minarso menjelakan, kotak suara alumunium itu sudah tidak digunakan lagi. Proses lelang dilakukan KPKNL karena statusnya milik negara dan bukan milik KPU Sragen. Tempat menyimpan kotak suara juga akan digunakan untuk persiapan pilpres mendatang. Selain itu barang tersebut tidak terawat jika tidak digunakan.

”Barang tidak terpakai, dan memang milik negara sudah sepantasnya diambil negara lagi,” terang Minarso kepada Jawa Pos Radar Solo kemarin (12/3).

Dia menyebut perbandingan kotak suara alumuniam dengan kardus. Secara bahan, kotak suara alumunium memang lebih kuat dan kokoh. Namun penggunaan kotak alumunium jauh lebih mahal.

”Mahalnya saat pemasangan dan pembongkaran. Butuh sekrup dan baut. Sekali pasang tidak kurang Rp 1.000 untuk membayar petugas yang merangkai. Belum lagi biaya bongkarnya jika sudah selesai. Karena tidak mungkin disimpan sebelum kondisi terlipat,” jelasnya.

Sementara pemasangan kotak suara kardus lebih murah. ”Kalau sudah tidak terpakai, biaya bongkar lebih murah,” terangnya.

Sebelumnya sudah dilakukan pelipatan kotak suara dari bahan kardus oleh KPU Sragen. Komisioner KPU Sragen Bidang Sosialisasi Nanang Tetuko menyampaikan biaya lipat kotak suara sebesar Rp 800. Total kotak suara berbahan kardus sejumlah 17.020. (din/adi)

(rs/din/per/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia