Senin, 18 Nov 2019
radarsolo
icon featured
Wonogiri

Parpol Dorong Saksi TPS Ikuti Bintek

13 Maret 2019, 17: 15: 30 WIB | editor : Perdana

Parpol Dorong Saksi TPS Ikuti Bintek

WONOGIRI – Partai politik (parpol) peserta pemilu sudah menyiapkan ribuan saksi untuk mengawal coblosan Pemilu 17 April di masing-masing. Sebelum bertugas, para saksi didata untuk mengikuti bimbingan teknis (bintek). 

"Kewajiban kita sesuai dengan undang-undang mengadakam bintek untuk saksi. Kita minta parpol segera mendaftarkan saksinya untuk mengikuti bintek,” terang Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Ali Mahbub, Selasa (12/3).

Hingga kemarin, ada satu parpol yang belum mendaftarkan saksinya untuk mengikuti bintek. Hal tersebut menjadi risiko parpol bersangkutan. 

Bawaslu hanya berwenang memberikan bintek dan membekali peserta dengan buku saku serta CD tutorial pencoblosan. “Rencananya bintek dilakukan per kecamatan oleh panwascam hingga 10 April," kata Ali.

Sekretaris DPC PDIP Wonogiri Setyo Sukarno mengatakan, pihaknya menyiapkan sekitar 8.000 saksi. "Kita siapkan dua saksi untuk satu TPS supaya ada back-up. Kalau saksi satunya sakit, yang lain bisa menggantikan," ujarnya.

Sementara itu, Ketua DPD PAN Wonogiri Sunarmin menyiapkan 4.000 saksi. Dengan jumlah itu, satu saksi ditempatkan di satu TPS.

"TPS ada 3.913 lokasi. Kita siapkan sejumlah itu bahkan lebih karena ada yang sebagai koordinator tiap desa," ungkap dia. (kwl/wa)

(rs/kwl/per/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia