Senin, 09 Dec 2019
radarsolo
icon featured
Wonogiri

Diameter Tanah Berlubang Melebar

BPBD Wonogiri Pasang Pembatas

13 Maret 2019, 18: 56: 10 WIB | editor : Perdana

ANTISIPASI: Pagar pembatas sederhana mencegah warga mendekati tanah berlubang di Wonodadi, Pracimantoro.

ANTISIPASI: Pagar pembatas sederhana mencegah warga mendekati tanah berlubang di Wonodadi, Pracimantoro. (IWAN KAWUL/RADAR SOLO)

Share this      

WONOGIRI – Fenomena tanah berlubang di lahan sawah milik Marijo dan Suparjo warga Dusun Salam RT 01 RW 01 Desa Wonodadi, Kecamatan Pracimantoro menjadi perhatian Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Wonogiri. Sebab, diameter lubang bertambah lebar.

Mengantisipasi hal tak diinginkan, BPBD memasang pagar pembatas dan papan peringatan di sekitar lahan. Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Wonogiri Bambang Haryanto menjelaskan, hasil pengamatan sementara, fenomena tersebut disebabkan adanya pelapukan batuan karst sehingga tanah amblas.

Peristiwa itu kali pertama diketahui pemilik lahan pada Senin (4/3). Namun, tidak segera dilaporkan ke pihak terkait. Alasannya, diameter lubang tidak terlalu besar.

Tapi, pada Rabu (6/3), bersamaan terjadinya hujan lebat, diameter lubang bertambah menjadi delapan meter dan dipenuhi air. "Hasil pantauan, Selasa (12/3, Red) genangan air sudah mulai surut. Sedangkan diameter lubang mencapai sekitar sepuluh meter dengan kedalaman lima meter,” ujar Bambang.

Jarak antara tanah amblas dengan permukiman relative dekat. Hanya sekitar 198 meter. Sebab itu, mencegah warga mendekati titik lubang, BPBD membuat pengaman sederhana. Pemilik lahan juga diminta mengalihkan aliran air menjauh dari sekitar lubang. Tujuannya menghambat pelapukan batuan di dalamnya.

"Kita juga membuat surat kepada PVMBG  (Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi), Badan Geologi Bandung dan Dinas ESDM Provinsi Jateng untuk kajian teknis atas kejadian itu," ungkapnya.

Selain itu, BPBD meminta dukungan forum musyawarah pimpinan kecamatan (forkompimcam) Pracimantoro agar ada peningkatan kesiapsigaan dan kewaspadaan. (kwl/wa)

(rs/kwl/per/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia