Jumat, 26 Apr 2019
radarsolo
icon featured
Pendidikan

Dahlan Iskan: Usia 32 Tahun adalah Puncak Kejayaan

13 Maret 2019, 19: 28: 31 WIB | editor : Perdana

Dahlan Iskan: Usia 32 Tahun adalah Puncak Kejayaan

Dahlan Iskan: Usia 32 Tahun adalah Puncak Kejayaan

SOLO - Menurut Dahlan Iskan, puncak kejayaan seseorang adalah saat menginjak usia 32 tahun. Sehingga, tidak perlu menunggu 2045 bagi Indonesia untuk mencapai The Golden Age. 

Dahlan memprediksi masa kejayaan Indonesia bisa dipercepat pada 2032.  Itu yang disampaikannya dalam seminar nasional bertajuk Hero in 4.0 Millenial Pembangun Indonesia Global yang diselenggarakan SMA IT Nur Hidayah Surakarta di Multazam Hotel Rabu (13/3).

“Saat ini yang mendominasi negara kita adalah penduduk berusia 17 tahun atau kelahiran 2000. Jika kalian mencapai usia 32 tahun kelak, ya itu lah puncak kejayaan Indonesia. Pada 2032 bukan 2045. Kalau pertumbuhan ekonomi bisa 5 persen tiap tahun. Pada 2032 Indonesia pasti sudah mengalami kejayaan. Kalau belum, pasti ada something wrong,” beber  mantan menteri BUMN itu.

Dahlan menyebut, saat berusia 32 tahun, seseorang tengah menjalani sibuk-sibuknya kehidupan. Namun, sikap itulah yang bisa membawa kemajuan bagi bangsa. ”Kenapa bukan usia 25 tahun? Secara akademis mungkin sudah mumpuni. Tapi secara pengalaman, belum cukup. Saat lulus kuliah, belum menjamin kadar intelektualitas menjadi sangat tinggi. Karena masih berdasarkan text book,” papar Dahlan.

Ada empat faktor yang dimiliki seseorang untuk mencapai puncak kejayaan. Pertama, seseorang berusia 32 tahun secara akademik telah memiliki kemampuan analisis. Sehingga bisa diandalkan. Kedua, sudah matang secara pengalaman kerja. Ketiga, secara fisik masih sangat kuat untuk beraktivitas. Keempat, karakter seseorang untuk bekerja sungguh-sungguh. (aya/ria)

(rs/aya/per/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia