Kamis, 21 Mar 2019
radarsolo
icon featured
Klaten

Dongkrak PADes, Garap Taman Kuliner

14 Maret 2019, 21: 14: 54 WIB | editor : Perdana

KREATIF: Pembangunan Taman Kuliner Desa Gatak, Ngawen, Klaten.

KREATIF: Pembangunan Taman Kuliner Desa Gatak, Ngawen, Klaten. (ANGGA PURENDA/RADAR SOLO)

KLATEN – Pemerintah Desa Gatak, Kecamatan Ngawen, Klaten berniat membangun Taman Kuliner. Tujuannya untuk mendongkrak pendapatan asli desa (PADes). Berdiri di tanah kas dengan yang letaknya strategis.

Taman Kuliner ini memanfaatkan lahan seluas 2.000 meter persegi. Bisa digunakan pula untuk rest area. Dilengkapi sejumlah fasilitas pendukung lainnya.

”Pembangunan dilakukan secara bertahap. Menggunakan anggaran dana desa sekitar Rp 170 juta. Nantinya terdapat 20 kios yang berjajar di taman itu. Kami prioritaskan mengakomodasi para pelaku UMKM yang berasal dari desa kami,” kata Kepala Dusun (Kadus) II Desa Gatak, Mulyono kepada Jawa Pos Radar Solo, Rabu (13/3).

Taman Kuliner dipilih karena kawasan tersebut memiliki potensi aneka olahanan makanan yang dirintis warga. Mulai dari keripik cakar, emping, mie sohun, dan jamur tiram. Hanya saja untuk pemasarannya masih dilakukan secara mandiri.

Pemerintah Desa Gatak tergerak memfasilitasi para pelaku usaha kuliner di desanya di satu lokasi strategis. Taman Kuliner dibangun di jalur penghubung antara Kecamatan Jatinom dan Kota Klaten.

”Prospeknya cukup bagus dengan sistem sewa kios. Pemerintah desa diuntungkan pemasukan PADes. Sedangkan para pelaku usaha dimudahkan memasarkan produknya dalam satu kawasan,” beber Mulyono.

PADes Gatak saat ini terbilang kecil. Hanya sekitar Rp 35 juta per tahun. Berasal dari sewa tanah kas desa. Pemasaran produk kuliner Desa Gatak masih sebatas lokal Klaten. Menerapkan sistem menitipkan ke warung.

”Produk kuliner jamur tiram buatan warga kami saat ini menjadi primadona. Tetapi pemasarannya masih sebatas dititipkan di angkringan. Semoga hadirnya kios ini bisa memfasilitasi warga untuk memiliki gerai sendiri,” paparnya. (ren/fer)

(rs/ren/per/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia