Senin, 09 Dec 2019
radarsolo
icon featured
Sukoharjo

Hadapi Pemilu, Kerahkan 1.500 Kader Siaga Trantib

14 Maret 2019, 22: 13: 38 WIB | editor : Perdana

SIGAP: Kader siaga trantib ikuti kegiatan di pendapa GSP Sukoharjo.

SIGAP: Kader siaga trantib ikuti kegiatan di pendapa GSP Sukoharjo.

Share this      

SUKOHARJO – Sebanyak 1.503 kader siaga trantib (KST) diterjunkan ikut membantu mengamankan Pemilu 17 April. Mereka diharapkan bisa mendeteksi dini potensi persoalan di lapangan dan segera melaporkan ke aparat keamanan.

”KST kita mendapatkan pembekalan teori dan praktik tentang tugas mereka dari satpol PP. Mereka ditempatkan di luar TPS (tempat pemungutan suara, Red),” ujar Kepala Satpol PP Sukoharjo Heru Indarjo, Rabu (13/3).

Bupati Sukoharjo Wardoyo Wijaya berharap, KST menjadi garda terdepan untuk mendeteksi potensi persoalan di masyarakat. “Mereka juga berperan menumbuhkan kesadaran masyarakat menjaga iklim kondusif dan ketenteraman bersama,” jelasnya.

 Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sukoharjo melakukan distribusi logistik ke Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) kemarin (13/3). Distribusi sengaja dilakukan lebih awal untuk meminimalisir kesalahan dan lain sebagainya. Selain itu, hal ini untuk mengurangi kapasitas di Gedung Budi Sasono.

Sementara itu, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sukoharjo mulai mendistribusikan logistik pemilu ke panitia pemilihan kecamatan (PPK). ”Yang kita kirimkan logistik di luar kotak suara, seperti tanda pengenal tugas dan sebagainya,” terang Ketua KPU Sukoharjo Nuril Huda.

Pendistribusian sejumlah logistik tersebut sekaligus mengurangi kapasitas gedung Budi Sasono sebagai lokasi penyimpanan logistik pemilu. Sebab, tidak lama lagi, surat suara pemilihan DPD, DPR RI, DPRD provinsi, dan DPRD kabupaten/kota tiba dan dilanjutkan kegiatan penyortiran.

Pengiriman logistik untuk 12 kecamatan dilakukan menggunakan tiga truk. Ketika telah diterima di PPK, dapat segera dilakukan pemilahan untuk selanjutnya didistribusikan ke panitia pemungutan suara (PPS) tingkat kelurahan. (yan/wa)

(rs/yan/per/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia