Minggu, 16 Jun 2019
radarsolo
icon featured
Klaten

Duh, Cakades Klaten Sengaja Menghilang biar Gagal Raih Suara

15 Maret 2019, 19: 25: 39 WIB | editor : Perdana

Cakades petahana Tempursari hadir sendirian dan menang mutlak

Cakades petahana Tempursari hadir sendirian dan menang mutlak

Share this      

KLATEN – Dari 747 calon kepala desa (cakades) yang bertarung dalam pilkades serentak di Klaten pada Rabu (13/3), sebanyak 36 cakades tak memperoleh suara sama sekali alis nol suara. Ironisnya, beberapa cakades terkesan sengaja membuat dirinya tidak memperoleh suara.

Sejumlah cakades gagal mencatatkan perolehan suara lantaran tidak hadir di tempat pemungutan suara (TPS) tanpa keterangan. Sesuai Perbup Nomor 41 Tahun 2018 tentang Tata Cara Pemilihan dan Pemberhentian Kades dijelaskan, cakades yang tidak hadir di TPS, otomatis suara yang diperolehnya dianggap tidak sah.

”Selama pemungutan suara berlangsung para cakades diwajibkan hadir di TPS. Tapi jika sakit, ya harus dimaklumi. Tapi, kan ada surat keterangan dari dokter. Kehadirannya bisa diwakilkan anggota keluarga lain, sehingga suaranya tetap masuk penghitungan,” jelas Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (Dispermasdes) Klaten Jaka Purwanto.

Di Desa Tempursari dan Pepe, Kecamatan Ngawen, masing-masing ada satu cakades yang menghilang dari TPS. Masing-masing cakades tersebut diketahui masih punya hubungan keluarga dengan pesaingnya.

Seperti cakades Tempursari yang masih pasangan suami-istri. Cakades Indiyah Kusumaningsih tidak memperoleh suara karena hanya dihadiri sang suami Budi Dyatmoko yang sekaligus cakades petahana. Kemudian, cakades petahana di Desa Pepe Siti Hibatun Yulaika juga menang mutlak karena sang penantang sekaligus anak kandungnya Yolanda Ayu Fahma tidak hadir.

"Memang untuk kondisinya sama saja, khususnya cakades yang masih satu keluarga. Dari pantauan yang kita lakukan, ada cakades yang tidak datang tanpa keterangan. Tetapi petahana tetap hadir sehingga suara dari lawannya tidak sah,” jelas Camat Ngawen Anang Widyatmoko. (ren/ria)

(rs/ren/per/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia