Minggu, 17 Nov 2019
radarsolo
icon featured
Solo

Ribuan Jarum Suntik Bekas yang Dibuang di Tepi Jalan Belum Dimusnahkan

15 Maret 2019, 21: 29: 56 WIB | editor : Perdana

Ribuan Jarum Suntik Bekas yang Dibuang di Tepi Jalan Belum Dimusnahkan

SOLO –  Ribuan limbah medis berupa jarum suntik bekas yang ditemukan di tepi Jalan K.H. Masykur, Kentingan Baru, Jebres sekitar dua pekan lalu itu belum juga dimusnahkan. 

Hingga saat ini, limbah dengan kategori bahan berbahaya dan beracun (B3) masih disimpan di tempat pembuangan sementara berpendingin di RSJD Surakarta. Kasi Pengelolaan Limbah B3 Herri Widiyanto mengatakan, pemusnahan belum dapat dilakukan. Sebab, teknis pemusnahannya harus dilengkapi berita acara pemeriksaan (BAP) dari kepolisian.

”Sampai 90 hari ke depan, jika limbah itu disimpan dalam ruang berpendingin di bawah nol derajat, masih dalam batas aman," jelas dia Jumat (15/3).

Di sisi lain, jajaran Polresta Surakarta terus mendalami kasus pembuangan limbah B3 tersebut. Hingga saat ini, sejumlah saksi telah memenuhi panggilan pemeriksaan. 

”Sampai sekarang masih sebatas lidik. Kami berupaya mengumpulkan keterangan dari saksi-saksi,” ucap Wakapolresta Surakarta AKBP Andy Rifai mewakili Kapolresta Surakarta Kombes Pol Ribut Hari Wibowo. 

Seperti diketahui, petugas kebersihan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) menemukan ribuan jarum suntik dan kantong infuse bekas yang dibuang sembarangan di lahan bekas TPS Jurug pada Selasa (5/3). Polisi melakukan penyelidikan atas kasus pembuangan limbah medis yang berbahaya itu. (ves/ria)

(rs/ves/per/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia