Jumat, 06 Dec 2019
radarsolo
icon featured
Pendidikan

Bermain Warna dengan Batik Cap

16 Maret 2019, 13: 00: 59 WIB | editor : Perdana

ANTUSIAS: Pengenalan proses batik cap kepada murid SD Pangudi Luhur kemarin (15/3).

ANTUSIAS: Pengenalan proses batik cap kepada murid SD Pangudi Luhur kemarin (15/3). (ARIEF BUDIMAN/RADAR SOLO)

Share this      

SOLO – Murid SD Pangudi Luhur pagi kemarin tampak lebih semangat. Sejumlah anak membawa kain putih ke halaman sekolah. Kain tersebut selanjutnya dicap dengan motif tertentu.

Ya, sebanyak 160 murid kelas enam tersebut mengikuti mid nontest semester dua dengan membuat batik cap. Mereka dipandu anggita komunitas perajin batik Laweyan.

“Untuk penguncian warna dan melorot kain dilakukan oleh anggota komunitas batik dari Laweyan. Karena proses lorot menggunakan tungku. Tapi, tetap disaksikan para murid agar mereka tahu prosesnya. Baru kemudian saat menjemur kain, dilakukan anak-anak,” beber salah seorang guru pendamping Marsono Adi.

Kegiatan membatik ini bertujuan mengenalkan budaya lokal Kota Bengawan kepada para murid. Tak hanya proses pembuatan batik cap, pelajar juga dikenalkan dengan proses lainnya. Seperti murid kelas 3 belajar membatik bidang tiga dimensi di vas bunga. Sedangkan murid kelas 4 belajar membatik menggunakan canthing, dan kelas 5 belajar membatik kipas.

“Kami berusaha menggiatkan pengembangan budaya lokal, khususnya batik di kalangan generasi muda. Sekaligus mengasah kreativitas murid,” jelas dia. 

Antusiasme murid terlihat dari keceriaan para murid mengikuti setiap proses pembuatan batik cap. “Anak-anak itu selalu excited dengan sesuatu yang berkaitan dengan warna. Apalagi membuat batik dengan teknik pewarnaan shibori ini. Bermain dengan banyak warna, sangat cocok dengan selera anak-anak,” sambungnya.

Salah seorang murid Panayaka mengaku senang dapat berkesempatan belajar membatik. “Aku bikin batik dengan warna kuning, biru, dan merah. Ketiga warna itu cerah dan gelap, jadi gradasi warnanya bagus. Aku juga belajar kerja sama dengan teman sekelompok. Seru sekali,” tandasnya. (aya/wa)

(rs/aya/per/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia