Jumat, 26 Apr 2019
radarsolo
icon featured
Features

Awet Dipakai Dua Dekade

17 Maret 2019, 16: 15: 59 WIB | editor : Perdana

Awet Dipakai Dua Dekade

Pentax Yashica MF-2 Super menjadi kamera pertama Ade Rizal. Kamera milik mendiang ayah tersebut kali pertama dipegang Ade saat ia duduk di bangku SMP, sekitar 1998. Kamera tersebut masih ada dan dipakai Ade sampai sekarang.

Mendiang ayah bukan pecinta kamera analog, hanya pehobi. Namun bukan hobi yang diseriusi. Hobi tersebut secara sadar menurun ke Ade.

"Bapak senang motret. Tapi cuma motrer saat liburan saja. Dari situ kadang saya disuruh bawa kameranya. Objek foto saya ya saudara-saudara saya saat liburan keluarga," kata Ade.

Hobi tersebut lantas ditangkap oleh salah seorang guru SMA di sekolahnya. Guru tersebut memiliki kamera analog dan Ade selalu diminta memotret kegiatan sekolah menggunakan kamera tersebut.

"Baru waktu kuliah sama masuk ke komunitas fotografi. Saya lebih mendalami basic fotografi dari komunitas itu. Makin mengetahui seluk beluk kamera analog, makin menyenangkan," koarnya.

Menurutnya, justru bukan hasilnya yang menarik. Baginya, proses mencoba kameranya lah yang menjadi pengalaman tersendiri. Puluhan kamera pernah dijajal Ade. Dari satu kamera ke kamera lain, ia menyimpulkan masing-masing kamera memiliki kontrol yang berbeda. 

"Ada 30 kamera analog yang saya koleksi. Semuanya sudah saya coba. Saya menikmati proses itu. Kalau kamera digital orientasinya ke hasil foto. Beda dengan kamera analog, kita menikmati setiap jepretan yang diambil," sambungnya.

Membentuk komunitas Selenoid Solo ini menjadi ajang Ade meracuni orang lain untuk ikut tertarik dengan kamera analog. Racun yang ia tawarkan adalah kesenangan menikmati kamera analog seperti yang ia rasakan.

"Siapa tahu dapat ilmu baru dari orang yang lebih muda atau tua dari siapa saja yang berpengalamanan soal kamera analog. Karena saya senang ngajak orang lain. Ya.. efek samping lainnya dagangan kamera saya laku," kelakarnya. (aya/adi)

(rs/aya/per/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia