Jumat, 26 Apr 2019
radarsolo
icon featured
Klaten

Duh! Emak-Emak Ikut Demo, Gara-Gara Selisih 1 Suara Pilkades Pacing

18 Maret 2019, 21: 29: 56 WIB | editor : Perdana

Duh! Emak-Emak Ikut Demo, Gara-Gara Selisih 1 Suara Pilkades Pacing

KLATEN – Pilkades serentak yang digelar di Klaten pada Rabu (13/3) menyisakan kerikil-kerikil masalah. Warga pendukung salah seorang calon kepala desa (cakades) Pacing, Kecamatan Wedi menggelar demo di depan kantor desa setempat Senin (18/3).

Berdasarkan pantauan Jawa Pos Radar Solo, demo tersebut juga diikuti kalangan emak-emak. Mereka membentangkan spanduk bertuliskan tuntutan transparansi atas penghitungan surat suara pilkades.

”Kami ingin adanya transparansi dari panitia pilkades. Soalnya antara daftar pemilih tetap (DPT) yang hadir dengan surat suara ada selisih satu. Maka itu warga minta untuk dicocokkan lagi,” jelas Sariman, perwakilan timses cakades Wahyu Nurdiyanto.

Sementara itu, Ketua Panitia Pilkades Pacing Agus Tri Raharjo mengungkapkan, dua hari setelah pilkades dan penghitungan suara atau pada Jumat (15/3), dia diundang Badan Permusyawaratan Desa (BPD). 

”Katanya sih ada aspirasi dari sebagian warga yang ingin dibuka dan ada perhitungan ulang,” jelas Agus Senin (18/3).

Panitia juga dimintai salinan daftar pemilih tetap (DPT). Rupanya ada sebagian warga yang tak yakin dengan hasil penghitungan suara. Namun, Agus dan panitia lain bersikukuh jika perhitungan pada saat pilkades sudat tepat. 

Diakui Agus, hasil penghitungan suara memang hanya ada selisih satu suara antara Wahyu Nurdiyanto dengan lawannya Lami Wiyono. Masing-maing mendapatkan 433 suara dan 434 suara dengan sembilan surat suara tidak sah. 

Sementara itu, usai mediasi yang dilakukan antara warga pendukung cakades Wahyu dengan panitia pilkades, disepakati beberapa hal. Yakni kotak suara sementara waktu disimpan di Kantor Desa Pacing dengan penjagaan ketat. Kemudian,  jika kubu Wahyu Nurdiyanto hendak menempuh jalur hukum, akan difasilitasi Polsek Wedi. (ren/ria)

(rs/ren/per/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia