Sabtu, 19 Oct 2019
radarsolo
icon featured
Karanganyar

Pelaku UMKM Tak Boleh Malas Update Ilmu

18 Maret 2019, 23: 07: 35 WIB | editor : Perdana

Pelaku UMKM Tak Boleh Malas Update Ilmu

KARANGANYAR – Perajin dan penggerak usaha mikro kecil menengah (UMKM) dituntut lebih giat melakukan produksi dan memasarkan produk mereka ke sejumlah lini. Tak hanya pemasaran tradisional lewat offline, namun juga harus melek online.

”Pemerintah itu ingin UMKM di Karanganyar bisa maju bersama. Karena di tahun kedua ini bupati ingin fokus terhadap pengelolaan UMKM, saling mendukung dan membantu untuk meningkatkan perekonomian masyarakat,” tutur Kepala Dinas Perdagangan, Tenaga Kerja, Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Disnakerkop UKM) Karanganyar Waluyo Dwibasuki dalam Sharing dan Bincang Bareng Pelaku UMKM di GOR mini Nyi Ageng Karang Senin (18/3).

Sementara itu, owner Bukit Sekipan sekaligus pembicara Joko Sutrisno mengungkapkan, pengelola UMKM harus bisa memahami pola pemasaran. Mereka juga harus terjun langsung untuk merealisasikan teori-teori yang selama ini didapat dari berbagai pelatihan atau seminar. 

”Sedikit mendapat ilmu atau teori dan langsung terjun mempraktikannya, itu akan semakin bagus. Asah kreativitas itu juga perlu, setiap hari bisa dikembangkan. Dan, yang paling penting pengelola UMKM harus punya sistem jelas,” tegas Joko. (rud/ria)

(rs/rud/per/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia