Sabtu, 19 Oct 2019
radarsolo
icon featured
Pendidikan

Lulusan Harus Kuasai Beragam Skill

19 Maret 2019, 18: 10: 51 WIB | editor : Perdana

KERJA SAMA: Presiden IASA Herry S. Utomo (kiri) bersama rektor UTP Tresna Priyana Soemardi

KERJA SAMA: Presiden IASA Herry S. Utomo (kiri) bersama rektor UTP Tresna Priyana Soemardi (SEPTINA FADIA PUTRI/RADAR SOLO)

Share this      

TANTANGAN universitas di era ini adalah menghasilkan lulusan lebih spesifik, cepat, tepat, dan dalam jumlah besar. Diprediksi, para lulusan ini harus berganti lima sampai tujuh kali profesi yang berbeda. Ini menjadi peluang bagi universitas untuk membuat learning proccess menjadi proses pembelajaran seumur hidup.

Demikian diungkapkan International American Studies Association (IASA) President Herry S. Utomo dalam kuliah umum bekerja sama dengan Universitas Tunas Pembangunan (UTP) Surakarta di kampus setempat.

Menurutnya, universitas sudah saatnya menawarkan beragam keterampilan. Sehingga, kemungkinan besar para alumninya akan kembali lagi ke kampus untuk mengambil keterampilan khusus yang ditawarkan.

“Ini yang dimaksud dengan lima sampai tujuh kali ganti profesi. Kalau dulu, jadi dosen bisa jadi profesor kemudian pensiun. Kalau sekarang, jadi dosen besoknya bisa diganti atau kehilangan pekerjaan karena bidang keilmuan kita tidak diperlukan lagi,” sambungnya.

Solusinya, para lulusan perlu mempersiapkan diri dengan melanjutkan sekolah yang relevan dengan perkembangan zaman. Herry menyebut jika kampus bisa memposisikan dirinya di era ini, maka bisa melompat menjadi universitas juara.

Rektor UTP Tresna Priyana Soemardi menerangkan, kampusnya akan lebih sering mengundang profesor-profesor dari IASA untuk memacu mahasiswa dan kamppus lebih kreatif dan berkembang. (aya/wa)

(rs/aya/per/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia