Sabtu, 25 May 2019
radarsolo
icon featured
Pendidikan

SNMPTN Diumumkan Besok, Pendaftar UTBK Melonjak 

21 Maret 2019, 14: 00: 04 WIB | editor : Perdana

SNMPTN Diumumkan Besok, Pendaftar UTBK Melonjak 

SOLO - Pengumuman Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) dimajukan menjadi Jumat besok (22/3). Semula pengumuman dijadwalkan Minggu (24/3). Diprediksi, akan terjadi lonjakan pendaftar ujian tulis berbasis komputer (UTBK) usai pengumuman hasil SNMPTN tersebut. 

Ketua Panitia Lokal (Panlok) 44 Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo Sutarno mengatakan, saat ini tercatat sudah ada 15.696 pendaftar gelombang pertama. Pihaknya menyediakan 1.900 komputer untuk 10 kali sesi pelaksanaan UTBK.

“Kapasitasnya 19 ribu peserta. Kami hanya menyediakan jumlah komputer. Tidak menyesuaikan jumlah pendaftar. Panitia pusat tidak akan menambah komputer juga. Untuk memenuhi kapasitas tersebut, kurang 4 ribu pendaftar lagi,” bebernya kepada Jawa Pos Radar Solo saat ditemui di kampus setempat, kemarin.

Jumlah peserta tersebut akan disebar ke beberapa lokasi pelaksanaan UTBK. Sutarno menyebut ada 15 lokasi yang dipilih. Yakni seluruh SMKN di Kota Bengawan dan beberapa laboratorium komputer milik UNS.

“Mendekati penutupan pendaftaran UTBK pada Minggu (24/3) mendatang, sudah tidak banyak pendaftar. Mungkin mereka masih menunggu hasil pengumuman SNMPTN dulu. Setelah dinyatakan tidak lolos, mungkin baru mendaftar UTBK. Diperkirakan akan terjadi lonjakan pendaftar selama dua hari sampai penutupan,” sambungnya.

Sutarno mengungkapkan jika jumlah pendaftar UTBK di UNS melebihi kuota yang ditetapkan. Maka secara otomatis akan mengikuti ujian di lokasi terdekat. Ambil contoh di Institut Seni Indonesia (ISI) Surakarta atau ke Jogjakarta. 

“Total komputer di Solo ada 2.500 komputer. UNS sebanyak 1.900, sisanya 400 komputer disediakan oleh ISI Surakarta,” tuturnya. (aya/bun)

(rs/aya/per/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia