Kamis, 25 Apr 2019
radarsolo
icon featured
Solo

Rambu Tak Mempan, Razia Parkir Digencarkan

21 Maret 2019, 16: 20: 45 WIB | editor : Perdana

Rambu Tak Mempan, Razia Parkir Digencarkan

SOLO – Sanksi gembok dan denda belum membuat jera pengendara yang parkir di sembarang tempat. Sebab itu, Dinas Perhubungan (Dishub) Surakarta menggencarkan razia ke sejumlah lokasi langganan pelanggaran. 

Kemarin (20/3), tim razia parkir liar berangkat dari dishub sekitar pukul 10.00 menuju Jalan Adi Sucipto. Di kawasan ini, cukup banyak sekolah sehingga rawan terjadi pelanggaran parkir.

“Jika tak ada pengaturan atau pengawasan, (parkir liar, Red) kerab memimbulkan macet dan membahayakan pengguna jalan lainnya," terang Kasi Pengendalian Operasi dan Pengawasan Dishub Surakarta Agus Purnomo.

Padahal, lanjut Agus, di kawasan sekolah juga terpasang rambu larangan parkir. Tapi, tak digubris pengendara. Kondisi tersebut telah dikomunikasikan dengan pihak sekolah. Mereka bersedia menyediakan kanal khusus untuk penjemputan atau parkir situasional.

Razia dilanjutkan ke Jalan Slamet Riyadi terutama kawasan pertokoan. Namun, petugas tidak mendapati pelanggaran parkir. Mereka kemudian bergeser ke Pasar Gede. "Di Pasar Gede paling sering terjadi pelanggaran. Rata-rata beralasan tidak tahu (larangan parkir, Red) atau hanya menunggu sebentar,” kata dia. 

Pelanggaran parkir justru ditemukan di Jalan Kolonel Sutarto. Satu unit mobil disanksi gembok dan diwajibkan membayar denda Rp 100 ribu sesuai Peraturan Daerah (Perda) Kota Solo Nomor 1/2013. 

"Razia kami lakukan hampir tiap hari. Ada empat regu petugas parkir rutin melakukan sidak. Sedangkan razia gabungan (melibatkan unsur TNI dan Polri, Red) digelar empat kali dalam sebulan," ucap Agus.

Sementara itu, Wahyudi, salah seorang warga Jalan Kolonel Sutarto mengamini bahwa sering terjadi pelanggaran parkir di jalur lambat dan jalur cepat sekitar RSUD Dr. Moewardi. “Warga sudah mengingatkan. Namun, mereka (pemilik kendaraan, Red) tak mengindahkan,” tandasnya. (ves/wa)

(rs/ves/per/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia